Cara Membuat Backup Di Ponsel Android Dengan Mudah

Cara Membuat Backup Di Ponsel Android – Melakukan backup data android secara berkala sepertinya memang perlu untuk kita lakukan. Baik itu data berupa foto, musik, file-file penting maupun video-video yang telah kita simpan pada memori ponsel android kita. Adapun hal tersebut dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan seperti kehilangan file ataupun berkas penting yang kita miliki. Jadi apabila suatu saat data kita hilang atau rusak baik disebabkan karena virus ataupun terhapus tanpa sengaja, maka kita masih punya data tersebut karena kita rajin melakukan backup data.

Cara Membuat Backup Di Ponsel Android

Akan tetapi banyak orang masih bingung bagaimana cara membuat backup di ponsel android dengan mudah dan cepat. Padahal di sini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membackup data apapun pada ponsel android. Misalnya saja kita bisa memanfaatkan fitur dari google untuk menyimpan data secara online yakni dengan google backup. Di samping itu ada pula cara untuk membackup ponsel android baik yang sudah di root maupun yang belum dengan cara tersendiri. Dengan begitu kita bisa membackup data dengan lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut cara membuat backup di ponsel android yang bisa kamu lakukan

Apabila kamu mempunyai perangkat android yang di dalamnya ada banyak sekali data penting, melakukan backup data pastinya menjadi hal penting yang harus kamu lakukan. Nah, pada artikel kali ini tim SinyalTech akan mengulas bagaimana cara membuat backup di ponsel android yang bisa kamu lakukan.

Cara membuat backup di ponsel android menggunakan laptop

Membackup data android ke perangkat Laptop

Membackup data android ke perangkat Laptop

Untuk membackup data dari memori internal ke memori eksternal ponsel, kita bisa melakukannya Cara Membuat Backup Di Ponsel Android langsung dengan aplikasi explorer yang terdapat pada perangkat android kita. Adapun caranya juga sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke aplikasi explorer dan menuju ke memori internal ponsel, kemudian meng-copy semua file yang di inginkan ke dalam folder backup yang telah dipersiapkan di memori eksternal.

Sementara itu apabila kita ingin membackup data dari memori ponsel ke komputer atau laptop, maka kita bisa memanfaatkan kabel USB. Jadi tinggal kita hubungkan ponsel dan komputer dengan kabel USB, kemudian bisa langsung kita pindahkan file-file yang ingin kita backup ke komputer dengan cara “copy” “paste” secara langsung.

Cara membuat backup di ponsel android secara online

Backup Data Android Secara Online

Backup Data Android Secara Online

Selain membackup data menggunakan laptop, kita juga bisa melakukan Cara Membuat Backup Di Ponsel Android dengan mem backup data secara online. Jadi di sini kita menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Google yaitu Google Backup. Adapun caranya seperti berikut :

  • Pertama kita masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu pada ponsel android.
  • Kemudian kita pilih aturan sistem > lalu kita checklist pada pilihan backup & Reset.
  • Setelah itu kita kembali ke menu pengaturan > tekan menu personal.
  • Lalu pilih Account dan Sync.
  • Selanjutnya kita pilih Google utama pada perangkat android yang nanti disinkronkan ke Google Backup.

Yang terakhir akan muncul list beberapa data yang akan kita sinkronkan ke Google Backup. Akan tetapi di sini kita memerlukan beberapa aplikasi tambahan seperti SMS Backup, My Phone Explore dan lain-lain untuk bisa langsung terhubung ke Google Backup.

Baca juga : Harga dan spesifikasi hp samsung terbaru

Adapun aplikasi tersebut bisa kita unduh secara gratis di PlayStore. Jadi fungsi dari aplikasi tersebut untuk mengumpulkan data dan men sinkronisasi kan secara langsung untuk melakukan backup data secara berkala.

Cara membuat backup di ponsel android dengan bantuan aplikasi

  1. Menggunakan aplikasi Easy Backup & Restore

    Aplikasi Easy Backup & Restore

    Aplikasi Easy Backup & Restore

Pekerjaan mem backup data juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di PlayStore. Salah satu aplikasi yang mampu kita andalkan yaitu Easy Backup & Restore. Aplikasi yang bisa kamu dapatkan dengan gratis ini memungkinkan kita untuk membackup pesan, kontak, log panggilan, bookmark, kalender, maupun berbagai macam data yang ada pada android. Adapun cara membuat backup data android dengan aplikasi Easy Backup & Restore seperti berikut :

  • Cara Membuat Backup Di Ponsel Android yang pertama, pastikan ponsel android anda sudah menginstal aplikasi Easy Backup & Restore
  • Kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul pertanyaan apakah anda ingin membuat data backup, di sini kita pilih “yes”.ok easy
  • Lalu anda akan disuguhkan tampilan yang berisi beberapa pilihan data yang hendak kamu backup. Kamu bisa menandai semua data yang ingin kamu backup dengan memberi tanda centang dan kita tekan “OK”
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memilih dimana data tersebut akan di simpan. Apakah kamu ingin menyimpannya di layanan cloud atau kamu ingin menyimpan di kartu memori. Pilihlah salah satu media penyimpanan dan kita klik “OK”.milih media penyimpanan
  • Langkah selanjutnya, kita diminta untuk memberi nama file yang akan kita backup.nama easy
  • Lalu kita akan melihat tampilan bahwa proses backup tengah berlangsung. Tunggu hingga prosesnya selesai, maka akan muncul jendela pop-up yang menandakan bahwa proses backup telah sukses disimpan.sukses backup

Baca juga : Bahaya menggunakan charger iphone palsu

  1. Menggunakan aplikasi Titanium Backup (Recommended)

Khusus untuk ponsel yang sudah dilakukan root, maka aplikasi Titanium Backup sepertinya pilihan yang tepat untuk mem backup data. Adapun aplikasi ini benar-benar sangat bagus karena mampu membackup keseluruhan data, bahkan data-data login ke semua aplikasi yang ada juga bisa di backup sehingga kita tidak perlu login kembali. Cara membuat backup di ponsel android dengan aplikasi titanium bisa dilakukan seperti berikut :

  • Pastikan ponsel anda sudah terinstal aplikasi Titanium Backup
  • Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut dan ijikan hak akses super user.titanium ijin root
  • Setelah itu kita harus menon-aktifkan USB debugging pada ponsel android yang kita miliki
  • Pada aplikasi titanium ini, terdapat 3 pilhan tab yakni overview yang berisi info tentang perangkat kita, kemudian tab backup/restore untuk melakukan backup maupun restore data, dan yang ketiga adalah schedules.
  • Lalu arahkan ke tab backup/restore. Kita akan melihat semua daftar isi ponsel lengkap dengan icon yang menandakan bahwa aplikasi atau data tersebut bisa untuk di backup. Namun jika anda mendapati tanda peringatan tanda segitiga kuning, itu berarti kita tidak memiliki data backup-an nya.tanda seru
  • Apabila kita ingin membuat backup aplikasi atau sistem data, kita bisa menekan dokumen kecil dengan tanda centang di atasnya. Maksudunya di sini kita membawa aplikasi tersebut ke dalam tindakan batch action.
  • Selanjutnya jika kita ingin membackup aplikasi, maka kita bisa menekan tombol RUN pada Backup all user apps, apabila kamu ingin mem backup sistem data maka tekan RUN pada Backup all system data.run
  • Cara Membuat Backup Di Ponsel Android yang terakhir, setelah kita tekan tombol RUN maka Titanium akan mulai bekerja untuk membackup keseluruhan data yang ada. Mungkin prosesnya akan membutuhkan waktu cukup lama tergantung dari banyaknya data.

Selain mem backup data, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi titanium untuk me restore data yang kita inginkan dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Manfaat root untuk hp android

Itulah ulasan SinyalTech mengenai beberapa cara membuat backup data di ponsel android dengan mudah dan cepat. Selain dengan menggunakan kabel USB, tersedia pula aplikasi di Play Store yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya seperti titanium backup dan easy backup & restore seperti yang telah disebutkan di atas.

Facebook Comments
Cara Membuat Backup Di Ponsel Android Dengan Mudah | Fiscias Play | 4.5