Cari Tau Apa itu iOS pada iPhone

Apa itu IOS ? iOS adalah kepanjangan dari iPhone OS, yang merupakan sistem operasi perangkat gadget/smartphone yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama kali diresmikan pada tanggal 29 Juni 2007, yang ketika itu muncullah produk ponsel bernama iPhone. Tidak hanya mendukung perangkat iPhone, sistem operasi iOS juga berjalan di iPad, iPod Touch, Apple TV dan perangkat lainnya yang dikembangkan secara aktif hingga saat ini.

Sejarah perkembangan dari iOS terbilang sangat sukses karena bila dilihat dari tanggal rilisnya di tahun 2007, sistem operasi untuk iPhone ini menjadi yang terbaik juga menjadikan rekor yang bagus di segi penjualan perangkat produk Apple tersebut. Berbeda dari sistem operasi lain seperti Android, Blackberry, atau Windows Phone, iOS memiliki keistimewaan dan konsep sendiri yang bernilai mahal yaitu Kemudahan dan Kesederhanaan.

Ya benar sekali, Saya sendiri di SinyalTech telah menggunakan iOS sejak lama namun sebelumnya juga sudah mencicipi OS lain untuk perangkat mobile yakni Android dan Blackberry. Beberapa point penting keunggulan dari sistem operasi iOS yaitu ada pada keamanan, fitur, multitasking, media, lightning, bodi minimalis, kemudahan pengguna, simple user interface, dan apps yang handal.

apa itu iOS

apa itu iOS pada iphone

Sejarah iOS yang pertama kali diluncurkan memang mengalami banyak komentar dari pengguna namun semakin dikembangkan iOS kini menjadi yang terbaik. Sistem operasi terbaik untuk ponsel ini kini sudah mengeluarkan versi terbaru yakni iOS 9. iOS 9 adalah OS Seluler paling canggih dengan antarmuka yang mudah digunakan, keamanan tingkat tinggi, dan beragam fitur yang luar biasa sebagai fondasi untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch didesain dengan sangat baik dan tampak indah.

Dengan menggunakan iOS, kamu sudah menggunakan perangkat yang mutakhir dengan teknologi canggih yang ada di dalam perangkat tersebut. Sejarah mengenai tanggal rilis/dikeluarkannya iPhone dari generasi ke generasi yaitu sebagai berikut ini.

  1. iPhone diluncurkan tanggal 29 Juni 2007
  2. iPhone 3G diluncurkan tanggal 11 Juli 2008
  3. iPhone 3gs dikeluarkan pada 19 Juni 2009
  4. iPhone 4 diresmikan tanggal 24 Juni 2010
  5. iPhone 4s dirilis pada tanggal 14 Oktober 2011
  6. iPhone 5 diluncurkan tanggal 21 September 2012
  7. iPhone 5c dan iPhone 5s diresmikan tanggal 20 September 2013
  8. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dirilis tanggal 19 September 2014
  9. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dikeluarkan pada 25 September 2015
  10. iPhone 7 (sedang diproduksi dan menunggu rilis)

Agar kita lebih tau tentang apa itu iOS pada iPhone yuk simak istilah A sampai Z dalam rubrik dibawah ini.

Apa itu iOS? A to Z for iPhone

A – Apps Store

Dengan Apple Store/App Store, semua aplikasi dan game terbaik dapat berjalan secara menyeluruh hampir tanpa batas untuk melakukan semua yang anda inginkan. App Store adalah platform distribusi digital untuk semua aplikasi iOS yang dikelola langsung oleh Apple Inc dan dirilis pertama kali sejak 10 Juli 2008. Pada bulan Juni 2015, sudah ada 100 miliar aplikasi terunduh baik gratis dan aplikasi berbayar.

app store iOS

app store iOS

B – Baterai

iPhone adalah produk pertama yang menggunakan model baterai internal non-replaceable. Baterai yang tertanam di perangkat dan tidak bisa dicabut oleh pengguna. Kapasitas baterai iPhone terbesar ada pada seri iPhone 6 Plus yaitu 2.915 mAh.

C – Cloud

Di sistem operasi iOS semua perangkat terhubung ke internet untuk mendapatkan keamanan dan privasi yang baik. iCloud adalah tempat penyimpanan file/aplikasi serta setting dari perangkat iPhone anda. iCloud kini memiliki teknologi canggih dengan rantai kunci iCloud yang ada di iOS 9.

D – Dual Core

Sejak iPhone 4s, Apple mengganti arsitektur prosessor dari single core menjadi dual-core, meskipun masih memakai clock speed 1GHz yang sekaligus mengawali hadirnya chipset Apple AS.

E – Email

Layanan Email di IOS sangat interaktif karena mendukung file-file seperti PDF, Words, Excel, Powerpoint dan HTML tapi ada pula layanan Apple MobileMe yang berplatform push email.

F – Face Time

Fitur telekomunikasi video dengan memakai teknologi VoIP. Dirilis pada 24 Juni 2010 dan sudah dapat digunakan untuk iphone 4, namun saat ini fitur FaceTime sudah bisa digunakan di seluruh peoduk iPhone.

G – Gyroscopic Sensor

Sensor yang pertama kali dipakai pada iPhone 4 ini merupakan salah satu sensor dari 6 sensor iPhone yang berfungsi agar gadget lebih nyaman digunakan termasuk memotret lebih stabil.

H – HVGA ( Half size VGA )

Resolusi grafis layar di iOS sebelumnya masih menggunakan TFT yaitu pada gadget iPhone 3GS. HVGA memiliki resolusi 480 x 320 pixel dengan jumlah kerapatan layar 163 ppi.

I – Istilah “I”

Penggunaan huruf “i” merupakan gagasan dari Steve Jobs untuk memaknai produk yang dibuatnya. Banyak sekali produk atau juga fitur yang dimulai dari huruf “i” yaitu iPhone, iPad, iPod, iTab, iCloud, iMac dan sistem operasinya sendiri iOS.

J – Jonathan Ive

Yaitu orang kepercayaan Steve Jobs yang juga desainer iPhone, iMac, dan iPad. Menduduki jabatan Chief Design Officer di Apple.

K – Kamera

iPhone 6s kini sudah memiliki resolusi kamera 12MP dan sudah berkemampuan rekam video 4K. Apple tetap menerapkan teknologi kualitas kamera yang simple dan hasil objek yang nyaris sesuai dengan kenyataan.

L – Lighting

Konektor yang dibuat oleh Apple untuk menggantikan konektor lawasnya yang berjumlah 30 pin.

M – MicroSIM

iPhone 4 adalah smartphone terbaik pertama yang diproduksi Apple dan menggunakan microSIM untuk pertama kali. Sedangkan untuk versi terbaru yakni iPhone 6s sudah menggunakan NANO SIM.

N- NFC

Near Field Communication merupakan kepanjangan dari NFC yang berfungsi banyak untuk konektivitas berbagi dile dan beberapa keperluan lain. Fitur NFC pada iOS masih terbatas hanya untuk penggunaan fitur Apple Pay di iPhone 6.

O – Operating System

iOS memiliki berbagai macam keamanan yang bertujuan untuk mengedepankan privasi, mencegah adanya malware dan virus meski tidak menggunakan antivirus, kontrol penuh atas penggunaan Data Kesehatan, FealthKit, FaceTime, Memberikan informasi yang sah ke aplikasi dan meningkatkan kepemilikan serta autentifikasi. iOS 9 adalah operasi sistem seluler yang cerdas dan mendekati kesempurnaan.

P – Power VR

Graphic Processor Unit yang digunakan sejak pertama kali seri iPhone dirilis. Power VR merupakan kunci yang membuat tampilan grafis di iPhone sangat mumpuni.

Q – Qualcomm

Tidak hanya iOS, Qualcomm juga digunakan pada banyak sekali ponsel pintar Android. Perusahaan prosessor ini tengah bersaing keras dengan Intel untuk memasok chipset iPhone mendatang. Namun kabarnya Intel juga tidak mau kalah karena ingin mengembangkan chipset untuk perangkat iPhone.

R – Retina Display

Fitur yang identik di perangkat Apple seperti Macbook atau iPhone yaitu adanya Retina Display. Istilah Retina ini digunakan untuk perangkat yang memiliki layar dengan tingkat densitas pixel yang tinggi. Hasilnya tentu akan sangat baik untuk menjaga kefokusan mata dalam melihat objek.

S – Storage

Sistem penyimpanan data (memori) di iPhone tak mengenal  memori eksternal/ekspansional (MicroSD). Hal ini dikarenakan untuk alasan keamanan iOS pada perangkat yang digunakan. Terdapat beberapa pilihan ROM atau kapasitas memori yang disediakan yakni 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan kapasitas memori terbesar yaitu 128GB yang ada di smartphone iPhone 6s, 6s Plus.

T – Tim Cook

Orang yang sangat berjasa ini merupakan CEO ketujuh Apple Inc sejak 24 Agustus 2011 dan menorehkan banyak sekali kesuksesan.

iphone 5s

iphone

iPhone 5s merupakan ponsel yang paling laris di pasaran hingga saat ini.

U – Unlock

Semula kartu SIM iPhone terkunci (lock) namun kemudian banyak peretas yang bisa melakukan unlock. Pada tahun 2012 operator AT&T meminta produk unlock, Apple pun menyetujuinya dan memberi istilah dengan nama “whitelisting”.

V – Video

iPhone 6s menjanjikan rekam video bermutu 4K yang dapat menghasikan 2160p HD video di sistem operasi iOS. Selain itu juga ini disebut fitur Time-lapse dengan kemampuan multimedia yang sangat meyakinkan.

W – Wi-Fi

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac adalah standar tertinggi konektivitas Wi-Fi yang ada di perangkat iPhone 6s.

X – Operating System

Kabarnya Steve Jobs pernah mengatakan bahwa iPhone akan bekerja sama dengan OS X. Setahun kemudian pada 2008, dirilis lah iOS versi beta dan SDK nya pun sudah siap.

Y – Yahoo

Yahoo selain sebagai search engine yang bear juga memberikan push email secure gratis pada iPhone  yang membuat pengguna lebih nyaman dan aman saat browsing.

Z – Z The Game

Salah satu game yang tersedia di App Store bergenre Real Time Strategy.

 

Sampai disini dahulu ya artikel tentang “Apa itu iOS pada iPhone?“. Dimulai dari iOS 1 yang hadir di tahun 2007, iOS 2 menutupi kelemahan dan bug yang ada serta pertama kali App Store disematkan. Lahirlah iOS 3 pada tahun 2009 yang memperkenalkan fitur copy paste, menu spotlight, bluetooth, dan fitur Find My Phone untuk mencari hp yang hilang. iOS 4 berlanjut menyempurnakan seri iOS sebelumnya yaitu adanya Multitasking dan Retina Display. iOS 5 kemudian hadir pada 2011 dengan munculnya fitur Siri yang support dengan beberapa bahasa tetapi terutama English.

iOS 6 dirilis tahun 2012 dengan menggantikan Google Maps dengan Apple Maps dan hadirnya fitur terbaru yakni Passbook. iOS 7 semakin membuat populer OS yang dibesut oleh Apple ini karena banyaknya penyempurnaan, salah satunya Air Drop dan Control Setting. Lanjut ke generasi selanjutnya, iOS 8 merambah dengan update yang baru untuk optimasi daya, desain, layar, setting, security dan tidak banyak menambahkan fitur. Nah yang paling terbaru yakni iOS 9 merupakan yang terlengkap dengan adanya fitur penguncian iCloud serta lock phone yang handal. Tidak hanys sebatas itu, iOS 9 juga sangat bagus di multitasking, multimedia dan lebih ringan dan optimal dalam menjalankan banyak aplikasi juga ketika starting.

Masih bingung dengan pertanyaan Apa itu iOS ? Silahkan tanya kami untuk lebih detail atau baca informasi lebih lengkap mengenai sistem operasi iOS terbaru di What Is iOS.

Facebook Comments
Cari Tau Apa itu iOS pada iPhone | Fiscias Play | 4.5