Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop Yang Perlu Diketahui

Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop – Sistem operasi Android merupakan OS pada smartphone yang juga milik dari perusahaan internet Google. Sistem operasi ini merupakan yang paling banyak di gunakan pada ponsel pintar atau smartphone. Keberadaan OS Android memang saat ini sudah menjadi trend baru di industri smartphone, hal ini tak lepas dari keunikan dan kelebihan OS Android terutama kelebihan yang ada pada OS Android Lollipop. Sampai sekarang pun tak hanya sekedar ponsel saja yang mampu memiliki OS Android ini, tablet, televisi dan juga perangkat wearlabel atau smartwatch juga sudah banyak yang menggunkan OS Android yang satu ini. Mau lebih tau tentang kelebihan OS Android terutama kelebihan yang ada pada OS Android Lollipop ? yuk simak terus ulasan ini.

Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop

Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop

Sejak kemunculannya sudah banyak beberapa versi di keluarkan hingga akhirnya sekarang sudah sampai versi terakhir  5.1 yang juga diberi label android L. Secara teknis Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop banyak sekali, Android Lollipop diklaim sebagai update sistem operasi terbesar yang pernah dilakukan Google. Android Lollipop sendiri banyak di kalaim merupakan sebuah OS yang memiliki banyak perubahan besar yang terjadi dari sejarah sistem operasi android yang ada saat ini.

Penerus dari OS Android Kitkat yang sudah banyak di gunakan di berbagai macam smartphone mulai dari kelas bawah hingga smartphone berkulitas memang selalu mendapat perhatian yang sangat banyak dari para pengguna setia android.  Setelah secara resmi di rilis pada bulan Juni yang lalu Google secara resmi memberikan kepanjangan dari L pada OS terbarunya ini sebagai Lollipop. Dan banyak orang yang belum tahu bahwa ternyata Kelebihan OS Android Lollipop yang satu ini sangatlah banyak jika kita bandingkan dengan OS android versi sebelumnya.

Daftar Ulasan Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop

Salah satu perubahan yang paling menonjol pada rilis Lollipop adalah user interface yang di desain ulang dan dibangun dengan material design. Lalu apa sih kelebihan dari Android Lollipop ini. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai kelebihan OS Android Lollipop.

Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop

Kelebihan OS Android Lollipop

Material Design

Material design menjadi salah satu kelebihan OS Android Lollipop. Pada OS Android Lollipop terdapat beberapa perubahan design antarmuka atau tampilan yang juga dinamakan dengan “Material Design”. Material design pada Android Lollipop itu sendiri dikenal juga dengan tampilan designnya yang terlihat seperti kertas, dimana mempunyai z-level atau elevasi disertai animasi. Misalnya yaitu pada tampilan (launchers) Google yang dilakukan melalui fitur Google Now, dengan memanfaatkan “kartu” metafora di seluruh antarmuka Lollipop.

Kartu dengan berbagai warna dan ukuran yang muncul di seluruh sistem, dengan warna dan bayangan yang berbeda memberikan rasa kedalaman dalam antarmuka. Dengan adanya warna baru pada palet juga dapat menjadikan aplikasi memiliki kepribadian yang khas. Pada intinya dengan adanya material design pada Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop ini menjadikannya lebih kaya akan animasi dan mempunyai tampilan user interface yang menarik. Yang membuat tampilan menjadi lebih jelas dan berwarna, serta sentuhan lebih responsif, pencahayaan dan bayangan lebih realistis, elemen visualnya terlihat familiar serta animasi lebih terlihat natural.

Kompatibilitas Android Lollipop dengan Berbagai Perangkat

Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop selanjutnya adalah ia dirancang untuk all-screen atau semua layar pada perangkat lain, yang tentunya sangat bisa menyesuaikan berbagai perangkat ketika digunakan pada sebuah ponsel, laptop, tablet, smartwatch, Smart TV dan lainnya. Hal ini menjadikan keunikan dan juga kelebihan OS Android Lollipop.

Baca juga : Aplikasi Game Balap Android Terbaik, Ayo Mainkan!

64-bit ART compiler Menjadikan Kinerja Lebih Baik

Kelebihan OS Android Lollipop lainnya adalah adanya 64-bit ART compiler yang dapat meningkatkan kinerja pada smartphone Android.Ini adalah bentuk perubahan yang signifikan dan revolusioner pada Android Lollipop.

Sehingga bisa Menggantikan pendahulunya Dalvik compiler menjadi ART Compiler yang lebih efisien, sehingga menjadikan Android ini bisa cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS. Dengan keberadaan ART compiler ini secara keseluruhan akan memberikan efek yang optimal pada system kerja memori dan aplikasi saat keadaan loading, atau bisa dikatakan ternyata Google menjanjikan kinerja hingga mencapai dua kali lebih cepat dari android sebelumnya.

Keamanan Lebih Unggul

Kelebihan OS Android Lollipop kemudian adalah dari segi keamanan pada Android Lollipop sendiri menggunakan enkripsi secara otomatis yang akan membantu melindungi data-data penting pada ponsel anda jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan atau hilang. Kabarnya juga Android Lollipop juga dilengkapi dengan “Factory reset protection” yang dapat berguna jika smartphone hilang maka tidak dapat direset ulang tanpa memasukkan id google dan password. Dengan berjalannya SE Linux pada semua aplikasi, berarti smartphone mendapatkan perlindungan keamanan yang lebih baik serta ketahanan terhadap serangan malware juga lebih baik.

Hemat Baterai

Kelebihan OS Android Lollipop juga pada daya tahan baterai. Hal ini berhubungan dengan proyek Yolta dimana sudah dibekalkan fitur penghemat daya tahan baterai. Dengan adanya fitur Proyek Volta ini android ini mampu menghemat daya tahan baterai samapi kurang lebih 30 % jika di bandingkan dengan versi OS Android lainnya yang sudah pernah anda coba pastinya.

Proyek Volta ini juga bisa memberikan kontrol maksimal pada sebuah aplikasi yang bisa mempengaruhi daya tahan baterai, sehingga alat ini untuk memastikan fungsi tertentu agar menjadikan tidak aktif disaat baterai dalam keadaan melemah. Selain itu juga fitur lainnya  adanya notifikasi khusus terkait berapa lama perkiraan waktu daya tahan baterai tersisa. Adanya API untuk Job Scheduler juga dapat berfungsi untuk memilih dan menjalankan tugas-tugas yang menguras baterai bisa dilakukan pada saat sedang pengisian, atau perangkat akan bisa menghindari pembaruan aplikasi bila ternyata baterai yang saat ini digunakan telah habis. Tersedianya built-in mode Battery Saver akan bisa menurunkan tingkat kecerahan layar, kerja CPU,dan juga batas update background yang ada.

Dengan demikian setalah di rilisnya os android lollipop ini Google sediri mampu menjawab rumor yang selama ini mengatakan bahwa ponsel android memiliki konsumsi baterai yang terlalu boros saat di gunakan dengan Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop ini.

Baca juga : 8 Aplikasi Android Terbaru 2016 Paling Populer dan Terbaik

Perbaikan Peningkatan Pencarian Kontekstual – Text Search

Google juga memberikan kemudahan pada penggunanya dengan “penemuan kembali”, yakni Google Search dari Android. Dengan Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop ini sekarang bisa lebih baik lagi dan akurat sehingga cepat dalam merekam jejak semua aktifitas yang telah pengguna jalankan sebelumnya. Tujuan dari fitur Search untuk pencarian Google Earth adalah untuk bisa menentukan lokasi dengan tepat ke tempat aplikasi tertentu dan akan mulai secara tepat pula dimana pengguna bisa menghentikannya. Hal ini juga merupakan salah satu kelebihan OS Android Lollipop.

Context-aware unlocking

Adanya personal unlocking yang juga menjadikan salah satu kelebihan yang ada pada OS Android Lollipop. Yaitu salah satu bentuk rancangan terbaik yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth ketika perangkat ponsel atau tablet sedang terkoneksi pada lokasi pengguna,dan suara unik yakni ketika layar yang sedang terkunci dengan kunci pola akan dapat dilewati apabila smartphone Android sedang didekatkan dengan perangkat smartwatch.

Penggunaan Menjadi Lebih Efisien

Kelebihan yang ada pada OS Android lollipop juga terdapat pada notifikasi email, sms, dan jejaring sosial bisa kita baca langsung dari pop up yaitu dengan keadaan layar terkunci (lockscreen). Notifikasi tersebut juga dapat direspon secara langsung tanpa harus membuka lockscreen. Dimana hal ini juga mirip dengan yang diterapkan oleh sistem operasi smartphone milik apple yaiti IOS.

Smartlock

Penguncian pintar (smart lock) juga merupakan kelebihan yang ada pada OS Android lollipop yang telah disematkan oleh Google untuk memudahkan penguncian layar. Dengan fitur yang dijuluki “on-body detection” ini layar terbuka secara otomatis jika ponsel masih berada di tangan atau di kantung, dan akan terkunci jika tidak berada di dekat pengguna. Ketika sobat mengambil hp dari meja misalnya, sobat harus membuka kunci manual. Dengan kata lain smartphone tak akan pernah terkunci selama berada di dekat sobat.

Baca juga : Solusi mengatasi masalah pada android marshmallow

Kesimpulan dari Kelebihan yang ada pada OS Android Lollipop

Sebagai salah satu sistem operasi pastinya terdapat beberapa kelebihan juga kekurangan namun demikian hal itu tidak terlalu signifikan. Terkadang benar jika update terbaru tidak selalu baik untuk perangkat Android Anda. Harus disesuakan dengan kondisi perangkat anda juga. Tidak selamanya versi yang lebih baru lebih baik untuk perangkat Anda.

Masalah bisa bermunculan ketika Anda meng-upgrade Android ke versi yang terbaru. Update yang hadir pada Operating system Google Android 5.1 Lollipop, nampaknya memberikan banyak perubahan positif, selain peningkatan performa. Dan tidak ada salahnya juga kita melakukan update untuk mencoba fitur terbaru dimana terdapat kelebihan yang ada pada OS Android Lollipop itu sendiri. Bagaimana sudah siapkah untuk merasakan manfaatnya? semoga dengan informasi kelebihan OS Android Lollipop dapat menambah pengalaman anda dalam menggunakan smartphone menjadi lebih baik.

Facebook Comments
Kelebihan Yang Ada Pada OS Android Lollipop Yang Perlu Diketahui | Fiscias Play | 4.5