Pengertian Jailbreak iPhone, Manfaat Dan Resiko Jailbreak iPhone

Pengertian Jailbreak iPhone – Bagi kamu para pengguna perangkat gadget besutan Apple, baik itu iPad, iPhone dan juga iPod Touch tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah jailbreak. Karena seperti yang kita tahu hampir kebanyakan aplikasi bagus dan menarik yang tersedia di App Store rata-rata berbayar. Hal ini yang memicu kebanyakan pengguna Apple melakukan jailbreak untuk bisa mendapatkan keleluasaan dalam melakukan apa saja sebagai super user. Adapun pengertian jailbreak iPhone ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti melakukan root pada perangkat android. Hanya saja di sini kita membahas root untuk perangkat Apple yang dikenal dengan istilah jailbreak.

Pengertian Jailbreak iPhone

Melakukan Jailbreak Pada iPhone

Pengertian Jailbreak iPhone

Pengertian Jailbreak iphone merupakan sebuah proses  untuk mendapatkan hak sepenuhnya pada perangkat Apple. Jadi jailbreak ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan sebuah patch ke dalam folder etc/fstab/ agar seluruh bagian pada perangkat iPhone yang sebelumnya hanya bersifat read-only sekarang menjadi read-write yang artinya bisa di baca dan diakses secara langsung. Pada mulanya pihak Apple memang sengaja mengunci hak akses tersebut dengan tujuan menjaga keamanan data penting agar tidak bisa di akses sepenuhnya. Namun yang perlu kamu tahu bahwa jailbreak ini berbeda dengan unlock, bahkan kalau kamu ingin melakukan unlock maka kamu juga harus melakukan jailbreak ini terlebih dahulu. Jadi aktivitas jailbreak bukan hanya dilakukan pada iPhone saja, melainkan juga bisa pada perangkat iPod dan iPad untuk tujuan tujuan tersebut.

Baca juga : 9 Aplikasi Free Video Call Untuk iPhone Dan Ipad

Manfaat Dan Resiko Melakukan Jailbreak Pada iPhone

Manfaat Dan Resiko Melakukan Jailbreak Pada iPhone

Manfaat Dan Resiko Melakukan Jailbreak Pada iPhone

Sebelum melakukan jailbreak tentunya harus dipikirkan secara matang, karena di samping akan mendapatkan beberapa manfaat yang bisa di dapatkan, ada pula resiko yang harus siap kita hadapi jika sewaktu-waktu terjadi. Nah, untuk membahas lebih jelas apa saja sih manfaat dan resiko melakukan jailbreak, kamu bisa simak informasi berikut :

Manfaat Melakukan Jailbreak

  • Mendapat Akses Ke Cydia

Manfaat Melakukan Jailbreak: Cydia merupakan tempat atau wadah yang menyediakan berbagai macam aplikasi untuk perangkat iPhone, iPad maupun iPod Touch atau lebih tepatnya hampir mirip dengan App Store. Tapi kan sudah ada App Store, mengapa harus menggunakan Cydia? Karena melalui Cydia kita bisa mengunduh berbagai macam aplikasi secara gratis yang tidak tersedia di App Store. Jadi apabila untuk mendapatkan aplikasi tertentu di App Store kita harus membayar, namun terkadang di Cydia kita bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis. Bahkan untuk aplikasi seperti iAP Cracker yang tidak lolos uji dan tidak diperbolehkan di App Store, juga bisa kita dapatkan di Cydia dengan mudah. Dan yang terpenting di sini kita tidak bisa menginstal Cydia apabila perangkat iPhone yang kita miliki belum dilakukan jailbreak.

Aplikasi Cydia

Aplikasi Cydia

  • Dapat Menginstal Aplikasi Berbayar/Tidak Di Izinkan Dengan Mudah

Yang menjadi Manfaat Melakukan Jailbreak, alasan utama kebanyakan orang melakukan jailbreak pada perangkat gadget mereka adalah supaya mereka bisa menginstal tweaks atau aplikasi pihak ketiga yang tidak di izinkan oleh pihak Apple. Sebab saat ini ada banyak sekali aplikasi di App Store dan sifatnya berbayar. Nah, dengan melakukan jailbreak kita bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis dan lebih mudah.

  • Keleluasaan Dalam Mengatur Ringtone

Jadi apabila perangkat kita sudah dilakukan jailbreak, maka kita bisa mengatur dan menggunakan banyak sekali pilihan ringtone tanpa membeli ataupun menggunakan iTunes. Bahkan di sini kita juga bisa membuat pengaturan ringtone yang berbeda-beda di setiap aplikasi dengan mendownload “Pushtone” yang tersedia di Cydia.

  • Kebebasan Dalam Menggunakan Tema

Seperti yang kita tahu bahwa dalam perangkat iphone kita memiliki keterbatasan dalam mengatur tema sesuai yang diinginkan. Namun dengan dilakukannya jailbreak, keterbatasan tersebut akan berubah menjadi kebebasan dalam mengatur, mengedit maupun mengganti tema sesuai keinginan.

  • Bisa Melakukan Unlock

    Unlock Ponsel iPhone

    Unlock Ponsel iPhone

Manfaat yang terakhir selain yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa melakukan unlock ponsel sehingga kita bisa menggunakan kartu dengan lebih leluasa.

Baca juga : Inilah Cara Mengatasi HP Android Yang Eror Atau Lambat

Resiko melakukan Jailbreak

  • Mudah Terkena Malware

Ini lah Resiko melakukan Jailbreak pertama, karena pada umumnya aplikasi yang di instal pada perangkat yang sudah di jailbreak di unduh melalui Cydia, tentu hal ini bisa membuat ponsel kita rawan terkena malware. Sebab kita sebagai pengguna tidak mengetahui apakah aplikasi yang kita unduh bebas virus ataupun dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu bagi kamu para pengguna yang memiliki data-data penting atau ponsel digunakan untuk kebutuhan bisnis sebaiknya jangan dilakukan jailbreak.

iPhone Mudah Terkena Malware

iPhone Mudah Terkena Malware

  • Baterai Cepat Habis

Salah satu masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh pengguna iPhone yang sudah di jailbreak adalah masalah baterai cepat habis. Resiko melakukan Jailbreak ini tanpa kita sadari dengan keleluasaan yang di dapatkan, terkadang kita akan cenderung membebani iPhone dengan pekerjaan yang lebih berat di luar kapasitasnya dan tentunya berpengaruh terhadap penggunaan baterai.

  • Hilangnya Garansi Pabrik

Apabila kamu melakukan jailbreak maka saat itu juga kamu telah kehilangan garansi resmi dari pabrik. Karena hal ini merupakan aktivitas yang TIDAK DIDUKUNG oleh pihak Apple, maka secara otomatis masa garansi yang masih berlaku akan dihanguskan dan tidak berlaku.

  • Upgrade iOS Akan Lebih Sulit

Umumnya, proses upgrade OS akan langsung berjalan saat kita mengunduh melalui iTunes. Namun untuk kasus ponsel yang sudah dilakukan jailbreak akan melakukan proses upgrade dengan sangat lama. Bahkan, nantinya akan muncul peringatan apakah iOS tersebut kompatibel dengan iPhone yang telah di jailbreak atau tidak. Jadi jika mendapati iOS yang di unduh tidak kompatibel, sebaiknya jangan dipaksa melakukan upgrade karena bisa membuat iPhone anda mati total.

Bagaimana Mengetahui iPhone Yang Telah Di Jailbreak?

Mengetahui iPhone Yang Telah Di Jailbreak

Mengetahui iPhone Yang Telah Di Jailbreak

Setelah mengetahui pengertian jailbreak iphone, kemudian untuk bisa mengetahui apakah iPhone yang kita miliki sudah di jailbreak atau belum dilakukan dengan cara melihat icon Cydia yang telah terpasang semasa proses jailbreak. Mengapa demikian? Karena Cydia sama seperti App Store, namun memiliki aplikasi yang tidak di akui oleh App Store. Selain itu Cydia juga tidak bisa di instal apabila iPhone tersebut belum di lakukan jailbreak. Oleh karena itu ketersediaannya Cydia pada perangkat iPhone mengindikasikan bahwa iPhone tersebut sudah dilakukan jailbreak.

Baca juga : Cara Mengatasi Bootloop Pada Hp Android Dengan Mudah

Itulah pengertian jailbreak iphone yang telah tim sinyaltech rangkum pada artikel kali ini. Adapun kesimpulan yang bisa kita dapatkan adalah bahwasanya jailbreak memang memberikan manfaat terutama dalam hal kebebasan sebagai pengguna setia produk Apple. Selain itu sekarang ini juga sudah ada banyak tutorial yang bisa kita coba ikuti untuk melakukan jailbreak pada iphone sendiri di rumah. Namun, di samping itu ada beberapa resiko yang juga harus kita perhatikan termasuk salah satunya adalah kehilangan garansi resmi dan juga bisa menurunkan harga jual kembali perangkat iphone. Jadi bagaimana, apakah kamu sudah paham pengertian jailbreak iphone? Apakah kamu juga tertarik untuk mencobanya ?

Facebook Comments
Pengertian Jailbreak iPhone, Manfaat Dan Resiko Jailbreak iPhone | Fiscias Play | 4.5