Solusi Mengatasi Masalah Pada Android Marshmallow 6.0

mengatasi masalah pada android marshmallow

mengatasi masalah pada android marshmallow

Android 6.0 Marshmallow adalah sistem operasi Android Terbaru yang dirilis oleh Google dan ditaksir memiliki fitur yang lebih canggih dari versi terdahulunya yakni Android Lollipop. Android 6.0 Marshmallow dipercaya akan menghadirkan beragam perbaikan dan pembaruan di fitur Android, juga menawarkan kinerja tangguh diperkaya dengan fitur yang lebih unggul. Tetapi ternyata dari semua keunggulan yang ada di sistem OS Android Marshmallow, ditemukan beberapa celah permasalahan yang terjadi ketika smartphone yang kamu gunakan telah diupgrade ke Android Marshmallow. Beberapa celah ini sempat dikomplain oleh banyak pengguna dan sangat dikeluhkan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah pada android marshmallow yang banyak terjadi ini?

Bagi anda pengunjung setia SinyalTech, kamu tidak perlu harus kuatir akan masalah ini karena kami memiliki cara/solusi mengatasi masalah setelah upgrade ke android marshmallow tersendiri yang bisa dipraktekan dengan mudah untuk beragam jenis gadget smartphone/tablet yang kamu miliki. Kamu wajib berada di dalam artikel ini jika anda mempunyai masalah ketika upgrade ke android marshmallow.

Baterai Boros Saat Menggunakan Wi-Fi di Android Marshmallow

Beberapa pengguna melaporkan bahwa penggunaan baterai pada ponsel pintar mereka menjadi lebih boros saat menggunakan Wi-Fi. Mengaktifkan koneksi Wi-Fi memang memakan daya yang cukup besar, namun permasalahan di Marshmallow ini terbilang lebih boros dibandingkan versi Android sebelumnya.

Untuk cara mengatasi baterai boros saat menggunakan Wi-Fi di Android Marshmallow, lakukan cara berikut ini.

  1. Masuk ke bagian Setting -> Kemudian pilih Backup and Reset
  2. Selanjutnya tekan Network Setting Reset, untuk membersihkan semua data koneksi. Hal ini tidal hanya membersihkan data Wi-Fi saja, tetapi juga data seluler dan koneksi bluetooth.
  3. Setelah itu, anda mesti melakukan pengaturan ulang Wi-Fi kembali.

 

Bila kamu sudah melakukan cara tersebut namun tetap tidak memberikan hasil saat menggunakan Wi-Fi, silahkan ikuti cara kedua seperti berikut.

Coba Non-Aktifkan Wi-Fi dengan cara masuk ke menu Setting -> Location -> Scanning.

Jika fungsi ini aktif, sistem akan terus memindai Wi-Fi meski dalam kondisi Off. Hal inilah yang membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros dari sebelumnya. Silahkan matikan fungsi Scanning Wi-Fi tersebut.

Jika cara-cara tersebut masih juga belum berhasil, kamu bisa melakukan factory reset dengan cara masuk ke Setting-> Backup&reset ->Reset Device -> Erase Everything. Selesai.

Wi-Fi error setelah update ke Marshmallow

Setelah melakukan update/upgrade ke Marshmallow, beberapa pengguna mengeluhkan koneksi Wi-Fi yang selalu error dan tidak mau terkoneksi ke jaringan Wi-Fi yang ada di jangkauan sekitarnya. Kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, karena masalah Wi-Fi error di Android Marshmallow memang sering terjadi.

Cara mengatasi Wi-Fi Error di Android Marshmallow:

  1. Silahkan coba matikan dan nyalakan kembali mode Airplane (sebaiknya 2x) yang ada pada bagian menu atas di layar utama home anda.
  2. Jika belum berhasil, silahkan matikan Wi-Fi dan kemudian lakukan reboot pada smartphone anda.
  3. Setelah menyala, pilih Forget pada koneksi Wi-Fi yang hendak dituju dan masukkan kembali password Wi-Fi anda untuk melakukan koneksi kembali.

Permasalahan pada suara Speaker dan Audio di Marshmallow

Permasalahan lainnya yang banyak terjadi setelah upgrade Android 6.0 Marshmallow yaitu kita mengalami penurunan kualitas suara audio speaker atau micrpohone. Suara yang dikeluarkan terkadang menjadi tidak jelas saat berbicara di telepon dan terasa bising ketika memutar musik atau video. Anda bisa langsung melakukan cara yang paling ampuh dengan melakukan factory reset. Factory Reset kita perlukan untuk mengatasi masalah ini, dan setiap smartphone mempunya kesamaan dalam melakukan factory reset, tetapi ada beberapa smartphone yang berbeda, tapi secara garis besar sebagai berikut.

Cara melakukan factory reset android marshmallow
Catatan Penting!!! Untuk melakukan factory reset, kami sarankan untuk membackup data-data penting dahulu sebelum melakukannya.

Cara pertama :

Masuk ke Settings – Backup & reset – Reset device – Erase Everything.

Cara Kedua :

  • Matikan perangkat android.
  • Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol home dan tombol power secara bersamaan sampai keluar logo android.
  • Gunakan tombol volume down pilih wipe data/factory reset dan tekan tombol power untuk memilih pilihan
  • Lalu arahkan ke menu Yes – delete all user data menggunakan tombol volume down, lalu tekan tombol power untuk memilih
  • Setelah android kita reboot, kemudian tekan tombol power untuk memilih “Reboot system now“
  • Setelah android restart semua akan terwipe dan siap untuk di set up ulang.

Tetapi untuk berapa device akan ada cara yang berbeda, silahkan cari cara reset gadget kalian di kolom Search pada website kita tercinta SinyalTech.Com ini.

Cara Mengatasi Baterai yang Boros di Android Marshmallow

Jika anda melakukan update ke Marshmallow dan mendapatkan penggunaan baterai yang boros dibandingkan sebelumnya atau bahkan jauh lebih buruk lagi indikator pada baterai sering menunjukkan status yang error, kamu bisa sesegera mungkin memperbaikinya. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan masih terdapat data lama pada sistem Android yang memaksa sistem untuk bekerja keras dan berbenturan dengan pengaturan sistem yang baru sehingga terjadilah crash / error.

Dengan adanya benturan pengaturan di dalam inti sistem android tersebut, maka membuat daya baterai akan jauh lebih cepat habis dan sangat boros. Untuk cara mengatasi masalah pada android marshmallow kali ini kita hanya perlu membersihkan cache pada sistem. Bisa juga dengan menggunakan antivirus yang memiliki fitur cleaner didalamnya atau bisa kamu temukan di dalam artikel 10 Antivirus Android Terbaik 2016 ini.

Cara Membersihkan Cache pada Aplikasi secara Manual:

Masuk ke bagian Setting, lalu pilih Apps, pilih aplikasi apa saja yang membuat konsumsi baterai boros. Lalu tekan Clear Cache.

Jika ingin menghapus cache pada setiap aplikasi yang ada di sistem android secara bersamaan atau tidak satu per satu, caranya seperti berikut.

Masuk ke Setting -> Storage -> Cached Data -> pilih Delete

Cara diatas tentu akan membersihkan cache di setiap aplikasi android yang kamu miliki, namun langkah ini belum cukup untuk meminimalisir konsumsi baterai yang cepat habis atau boros. Untuk membuat baterai tidak cepat habis dan kembali normal, kamu perlu menghapus Wipe Cache Partition pada sistem Android Marshmallow.

Untuk cara melakukan wipe cache partition, ikuti tahapannya seperti berikut ini.

  1. Matikan gadget Android anda
  2. Lalu tekan dan tahan tombol volume up , home , dan power secara bersamaan.
  3. Ketika Android terlihat, lepas tombol power dan tetap tekan dan tahan tombol voulme up dan home.
  4. Ketika layar Android system recovery terlihat, lepaskan tombol-tombol tersebut.
  5. Gunakan tombol volume down untuk memilih wipe cache partition kemudian tekan tombol power untuk enter.
  6. Setelah selesai, pilih Reboot system now.

Dan jika cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah pada android marshmallow tadi, kami rekomendasikan untuk melakukan factory reset, tetapi sebelum melakukan factory reset, backup terlebih dahulu data serta dokumen penting yang kamu punya.

Masuk ke SettingBackup & resetReset deviceErase Everything

Cara kedua :

  1. Matikan android kita.
  2. Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol home dan tombol power secara bersamaan sampai keluar logo android.
  3. Gunakan tombol volume down pilih wipe data/factory reset dan tekan tombol power untuk memilih pilihan
  4. Lalu arahkan ke menu Yes – delete all user data menggunakan tombol volume down, lalu tekan tombol power untuk memilih
  5. Setelah android kita reboot, kemudian tekan tombol power untuk memilih “Reboot system now“
  6. Setelah android restart semua akan terwipe dan siap untuk di set up ulang.

Solusi Mengatasi Pengisian Baterai Menjadi Lebih Lambat

Setelah melakukan upgrade ke Marshmallow, banyak juga pengguna yang mengalami masalah ketika charging atau cas yang menjadi lebih lambat. Sepertinya masalah ini sudah umum terjadi karena disebabkan pemakaian daya yang lebih besar dibanding daya baterai yang masuk saat pengisian. Hal inilah yang membuat pengisian menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasi masalah pada android marshmallow ini, silahkan ikuti caranya.

Silahkan charge smartphone anda dalam kondisi mati dan hingga penuh 100%.

Jika masih belum berpengaruh, maka silahkan lakukan factory reset untuk mengembalikan masa charging yang lebih lambat ini. Caranya yaitu ada dibagian atas sebelumnya. Google sendiri menyarankan untuk melakukan factory reset untuk mengatasi masalah pada android marshmallow ini.

Penurunan Kinerja dan Performa yang menurun pada Ponsel

Jika kamu merasa perangkat gadget menjadi suka nge-lag, nge-hang, suka restart atau reboot sendiri, aplikasi suka crash, aplikasi tiba tiba menutup sendiri dan aktivitas searching di browser menjadi lebih lambat tentu ini menandakan terjadi penurunan kinerja dan performa pada ponsel setelah upgrade ke Marshmallow.

Cara Mengatasinya yaitu :

  • Matikan smartphone anda dengan menekan tombol power untuk reboot,
  • Setelah android menampilkan logo start segera tekan dengan cepat tombol volume bawah / down ( tombol untuk mengurangi suara ), tetap tekan sampai smartphone android selesai reboot
  • Setelah reboot sukses, lihat di bagian kiri bawah terdapat pilihan “safe mode” dan kemudian lepas volume bawah ( tombol untuk mengurangi suara ), untuk keluar dari safe mode silahkan tekan Power/Tombol untuk mengunci dan pilih restart.

Jika didalam safe mode permasalahan masih terjadi maka kita perlu melakukan factory reset, caranya sama dan mudah seperti di bagian atas.

Perlu diingatkan kembali bahwa data penting anda sebaiknya diamankan terlebih dahulu karena proses ini akan membuat data anda menjadi hilang jika malkukan factory reset.

Koneksi Data Internet yang Bermasalah

Jika koneksi data internet bermasalah, coba utak-atik mode Airplane dengan cara menghidupkan dan menyalakannya kembali berulang ulang sebaiknya 2 sampai 5 kali. Tidak hanya mode Airplane, silahkan lakukan hal yang sama pada Data Seluler. Matikan dan nyalakan kembali data internet seluler.

Setelah melakukan hal tersebut, silahkan matikan ponsel dan tunggu hingga beberapa menit dan coba nyalakan kembali. Jika masih mendapati koneksi data internet yang error, silahkan coba cara lainnya yaitu dengan mengeluarkan SIM Card anda dan memasukkannya kembali.

Jangan lupa juga untuk mengecek setting APN kita apakah sudah benar atau belum. Informasi pengaturan APN bisa dicari berdasarkan jenis provide kartu seluler yang digunakan.

Sebaiknya setelah selesai melakukan update ke Android Marshmallow, anda harus melakukan factory reset. Factory reset akan menyempurnakan sistem baru yang digunakan pada device anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah pada android marshmallow 6.0 yang kerap terjadi hampir di seluruh tipe ponsel smartphone android baik Samsung, Lenovo, LG, HTC, Sony, Oppo dan banyak lagi.

Facebook Comments
Solusi Mengatasi Masalah Pada Android Marshmallow 6.0 | Fiscias Play | 4.5