Tips Membatasi Anak Bermain Game, Menghindarkan dari Kecanduan Game

Tips Membatasi Anak Bermain Game – Orang tua merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap buah hatinya. Karena orang tua diberikan amanat untuk menjaga, mendidik dan membesarkan seorang anak sebaik-baiknya. Adapun dalam proses tersebut tidak jarang kita sebagai orang tua mengalami masalah atau kendala, baik yang datang dari dalam ataupun dari pergaulan luar.

tips membatasi anak bermain game

Di era yang serba modern saat ini kita perlu Tips Membatasi Anak Bermain Game. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat komputer, gadget ataupun dengan koneksi internet. Dengan kemajuan teknologi tersebut terkadang bisa menimbulkan permasalahan baru bagi orang tua yang salah satunya adalah anak kecanduan bermain game, baik game offline maupun game online yang saat ini sedang ramai dimainkan. Berbagai macam game yang ada saat ini menawarkan berbagai macam suguhan permainan menarik dan pastinya bisa membuat semua orang terutama anak-anak suka dan senang untuk memainkanya.

Ada yang rela hingga berjam-jam berada di depan gadget dan bahkan tidak jarang pula banyak anak-anak yang rela menghabiskan waktu di warnet untuk memainkan game online yang disukainya. Lantas kita sebagai orang tua tentunya harus mengatahui tips membatasi anak bermain game agar mereka bisa berhenti bermain game di perangkat gadget yang notabene bisa memberikan efek negatif terhadap psikologis maupun kemampuan mereka, terlebih lagi jika game yang mereka mainkan bertemakan kekerasan, agresif dan sebagainya yang seharusnya tidak baik dimainkan untuk anak seusianya.

Meskipun tidak semua game memiliki dampak yang buruk, namun masalah yang akan timbul jika kita tidak membatasi anak dalam bermain game adalah anak bisa menjadi kecanduan sehingga kita sebagai orang tua harus segera membatasi dan menemukan solusi terbaik agar anak kita bisa melakukan kegiatan yang jauh lebih bermanfaat daripada mengheabiskan waktunya untuk bermain game. Bagi kamu yang sekarang ini ingin mencari tahu bagaimana tips membatasi anak bermain game yang efektif, berikut tim SinyalTech telah merangkumnya untuk kamu semua.

7 Tips Membatasi Anak Bermain Game Online Maupun Offline Secara Efektif

  1. Membuat Sebuah Peraturan Yang Disepakati Bersamakesepakatan bersama

Tips membatasi anak bermain game yang pertama adalah dengan cara membuat peraturan yang disepakati bersama. Jadi apabila ada yang melanggar atau tidak bisa menepatinya tentunya akan ada hukuman yang sifatnya mendidik untuk anak. Dalam hal ini kita bisa membuat kesepakatan seperti anak boleh bermain game jika sudah mengerjakan pekerjaan rumah atau disaat bersantai, bisa juga membuat kesepakatan misalnya boleh bermain game saat akhir pekan dan lain sebagainya. Tentunya orang tua harus berkomitmen dalam menjalankan kesepakatan tersebut supaya sang buah hati tidak kecanduan terhadap permainan game yang ada saat ini.

Baca juga : Tips Memilih Tablet Yang Tepat Untuk Anak

  1. Jangan Memasang Internet Unlimited Di Rumah

Untuk anak yang gemar bermain game online, ini merupakan hal yang harus kita waspadai sebagai orang tua untuk tips membatasi anak bermain game online. Apabila kita mengetahui hal tersebut, maka jangan sampai kita memasang jaringan internet unlimited di rumah. Hal ini bisa memicu anak untuk senang bermain game online. Jadi upayakan untuk tidak memasang internet di rumah, atau memang jika diperlukan pasanglah internet dengan sistem kuota yang terbatas atau dengan memberi password untuk bisa mengakses internet yang ada di rumah.

  1. Membatasi Lamanya Anak Saat Bermain Gamemembatasi waktu bermain

langkah ketiga Tips Membatasi Anak Bermain Game. Bermain game boleh asal di waktu yang tepat, namun bukan berarti lamanya bermain tidak kita batasi. Justru kita sebagai orang tua harus membatasi lamanya anak saat bermain game. Hal ini bertujuan untuk meredam anak dalam kecanduan game baik pada perangkat komputer, ponsel, play station, ataupun tablet.

  1. Padatkan Aktivitas Anak Dengan Kegiatan Diluar Jam Sekolahles

Melihat anak sukses dan berprestasi dalam hal akademik tentu menjadi kebanggaan orang tua tersendiri, namun selain itu kita sebagai orang tua juga harus mendukung minat anak dengan memberikannya les atau kegiatan yang bisa mendukung minat atau hobi sang anak adalah Tips Membatasi Anak Bermain Game selanjutnya. Misalnya saja dengan mengikutkan anak les piano, les bernyanyi atau bisa juga untuk mendukung hobi bermain bola atau bermain badminton dengan mengikutkannya ke klub-klub terdekat. Dengan begitu kemampuan akan juga akan berkembang dan membuat aktivitas yang dilakukannya jauh lebih bermanfaat untuk dirinya sendiri.

Baca juga : Kumpulan Game Android Terbaik dan Terpopuler Tahun 2016

  1. Mengajaknya Terlibat Dalam Pekerjaan Rumahmelibatkan pekerjaan rumah

Anak yang selalu dimanjakan tentu tidak akan membuat pribadinya menjadi mandiri. Nah, salah satu tips membatasi anak bermain game yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan mengajak sang anak terlibat dalam kegiatan, aktivitas atau pekerjaan-pekerjaan di rumah. Misalnya saja dengan mengajaknya memasak, mengajak anak untuk berkebun di rumah, mengajaknya untuk membatu membersihkan rumah atau bisa juga dengan memberinya tanggung jawab atas sesuatu hal yang masih bisa dilakukannya. Dengan begitu setidaknya akan ada waktu yang harus di alihkan untuk melakukan pekerjaan tersebut ketimbang untuk bermain game.

  1. Jangan Meletakkan Komputer Di Kamar Anak Atau Meletakkan Gadget Sembaranganmeletakkan sembarangan

Tips Membatasi Anak Bermain Game selanjutnya, terkadang peluang anak untuk bermain game semakin besar apabila kita mem fasilitasi nya. Jadi misalnya saja kita menempatkan komputer belajar di kamar anak, meskipun berguna untuk membantunya belajar namun terkadang di lain kesempatan sang anak akan menggunakannya dengan lebih leluasa untuk bermain game tanpa sepengetahuan orang tua. Bisa juga saat kita meletakkan gadget sembarangan, hal ini bisa dimanfaatkan sang anak untuk bermain game saat itu juga. Jadi pada intinya kita sebagai orang tua juga harus bijak dan pintar dalam melakukan segala hal terutama jika berhubungan dengan mendidik anak.

  1. Mengawasi Anak Dengan Penuh Perhatianmengawasi anak

Apabila kita sebagai orang tua selalu mengawasi anak-anak kita, baik saat belajar ataupun bermain tentu segala sesuatu yang tidak kita inginkan bisa terhindarkan. Namun bila sebaliknya kita lalai dalam mengawasi anak, bisa jadi anak tersebut akan melakukan hal semaunya yang bisa berakibat buruk bagi dirinya sendiri seperti kecanduan bermain game.

Baca juga : 10 Game Strategi Android Terbaru Yang Bisa Kamu Mainkan!

Meskipun kita membatasi waktu anak untuk bermain game, namun bukan berarti kita sebagai orang tua melarang anak untuk sama sekali tidak memainkan game pada perangkat gadget. Itu bukanlah tujuan Tips Membatasi Anak Bermain Game ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua game yang ada berdampak negatif, ada banyak game yang bersifat edukatif yang bisa dimainkan anak untuk menambah wawasan dan bahkan untuk melatih kemampuan anak dalam berfikir ataupun menyelesaikan masalah. Hanya saja lama bermain game itulah yang harus kita batasi, sebab kita sebagai orang tua pastinya tidak menginginkan anaknya menjadi kecanduan terhadap sebuah game atau permainan.

Demikianlah informasi seputar tips membatasi anak bermain game secara efektif. Jadi bagi kamu khususnya orang tua dengan melakukan hal tersebut bisa sedikit lega karena sudah pasti anak anda akan bisa membatasi dirinya sendiri dalam bermain game. Semoga bermanfaat.!

Facebook Comments
Tips Membatasi Anak Bermain Game, Menghindarkan dari Kecanduan Game | Fiscias Play | 4.5