Tutorial Mengganti Baterai iPhone Untuk Semua Tipe

Tutorial Mengganti Baterai iPhone – iPhone merupakan sebuah ponsel pintar besutan Apple yang keberadaannya kini semakin di minati dan selalu menghiasi jajaran ponsel kelas atas. Akan tetapi produk Apple yang satu ini memang dibuat dengan memiliki keunikan tersendiri sehingga iPhone selalu tampi beda dengan kebanyakan ponsel pintar yang ada. Misalnya saja seperti adanya fitur Bluetooth yang Cuma bias terkoneksi hanya dengan produk Apple saja, kemudian perangkat hardware yang ada juga kebanyakan melekat dengan body iPhone sehingga para pengguna tidak bisa mengganti dengan mudah layaknya ponsel-ponsel berbasis android lainnya.

Karena mobilitas penggunaan ponsel saat ini sudah semakin tinggi, maka tidak heran jika para pengguna menggunakan iPhone untuk berbagai kebutuhan seperti melakukan panggilan, browsing internet, chatting, berkirim pesan, menonton video, bermain game dan berbagai aktifitas lainnya. Namun semua aktivitas tersebut tentunya tidak lepas dari adanya supai daya dari sebuah baterai yang telah tertanam di perangkat iPhone. Jadi apabila kita menggunakan sebuah iPhone terus menerus, daya tahan dan kinerja dari baterai lambat-laun akan menjadi lemah sehingga performanya menjadi kurang maksimal. Disinilah Tutorial Mengganti Baterai iPhone diperlukan.

Tutorial Mengganti Baterai iPhone

Tutorial Mengganti Baterai iPhone

Adapun sejak tahun 2007 saat iPhone pertama kali di perkenalkan ke pasaran dunia, memang pihak Apple tidak mengizinkan penggunanya untuk melakukan pergantian baterai sendiri, akan tetapi baru-baru ini seperti video demo yang dilansir oleh Ubergizmo (4/7) memberikan sebuah tutorial mengganti baterai iPhone yang sekiranya mengalami trouble ataupun yang sudah rusak.

Karena seperti yang kita tahu bahwa ketahanan dari sebuah baterai iPhone ternyata dirancang hanya untuk 500 kali pengisian, sehingga apabila sudah melebihi kapasitas tersebut maka baterai iPhone sudah sepatutnya untuk diganti agar berfungsi optimal. Hal ini tentu berlaku untuk semua tipe iPhone yang ada mulai dari iPhone 4 dan 4s, iPhone 5 dan 5S hingga produk ponsel iPhone keluaran terbaru yang ada saat ini. Nah bagi teman sinyaltech yang mungkin tengah mengeluhkan tentang kinerja baterai dan ingin mencoba mengganti baterai iphone dengan yang baru, pada artikel ini tim sinyaltech akan mencoba untuk memberikan tutorial mengganti baterai iPhone secara mudah dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana dan mungkin cara ini cukup berguna bagi teman sinyaltech sekalian.

Tutorial Mengganti Baterai iPhone Dengan Mudah Dan Cermat

Cara melakukan pergantian baterai iPhone di sini nanti kita akan menggunakan beberapa peralatan seperti obeng kecil yang sesuai dengan ukuran sekrup ponsel dan juga plastik tipis yag digunakan untuk mengeluarkan baterai. Sebenarnya bahan-bahan penunjang tersebut sifatnya hanya optional, karena kita juga bisa menggunakan kuku jari kita untuk mencongkel dan melepaskan baterai yang ada. Oke, Langsung saja kamu simak tutorial mengganti baterai iPhone dibawah ini :

  • Tutorial Mengganti Baterai iPhone pertama, sebelum mengganti baterai iPhone pastikan teman sinyaltech harus mematikan terlebih dahulu ponsel dengan menekan tombol power untuk beberapa saat hingga muncul tombol slide merah pada layar iphone, kemudian geser tombol tersebut ke kanan dan ponsel akan mati dengan sendirinya.
Mematikan perangkat iPhone

Mematikan perangkat iPhone

Baca juga : Aplikasi Free Video Call Untuk iPhone dan iPad, 9 Alternatif FaceTime

  • Langkah Tutorial Mengganti Baterai iPhone berikutnya kita harus membuka back casing atau penutup belakang perangkat iPhone dengan cara membuka sekrup yang ukurannya sangat kecil yang berada di bagian bawah dan mengapit port USB dengan menggunakan obeng kecil khusus yang sesuai. Lakukan pelepasan sekrup dengan hati-hati karena di sini terdapat fleksibel yang cukup berisiko.
Melepaskan Sekrup Di Bagian Bawah iPhone

Melepaskan Sekrup Di Bagian Bawah iPhone

  • Apabila kedua sekrup tersebut sudah berhasil dilepas, selanjutnya kita buka penutup belakang iPhone dengan cara memberinya sedikit tekanan dan kemudian menggesernya ke atas secara perlahan. Jadi di sini teman tidak perlu tergesa-gesa dan memaksa untuk membukanya, karena apabila cara yang kita lakukan benar maka casing belakang tersebut bisa terlepas dengan mudah.
Membuka Penutup Belakang iPhone

Membuka Penutup Belakang iPhone

Baca juga : Mana yang Lebih Baik iPhone atau Android? Mari Kita Tes!

  • Nah, di dalam casing belakang iphone nanti kamu akan melihat adanya dua sekrup (tergantung tipe) lagi yang terpasang dan berfungsi untuk mengamankan konektor baterai yang terhubung ke motherboard ponsel. Lepaskan kedua sekrup tersebut menggunakan obeng kecil tadi dengan hati-hati dan letakkan sekrup tersebut di sebuah wadah tertentu agar tidak hilang mengingat ukuran fisiknya yang sangat kecil.
Dua Sekrup Terhubung Ke Motherboard iPhone

Dua Sekrup Terhubung Ke Motherboard iPhone

  • Jika sekrup pengaman baterai telah terlepas, kita bisa mulai mengangkat baterai dengan memanfaatkan kuku tangan atau plastik yang tipis. Baterai tersebut akan sedikit melekat pada body ponsel sehingga dibutuhkan sedikit tenaga untuk bisa mengeluarkannya.
Melepas Baterai iPhone

Melepas Baterai iPhone

  • Nah sekarang kita bisa mengganti baterai yang lama tersebut dengan baterai baru. Pastikan teman memasangnya dengan posisi yang tepat dan barulah kita bisa kembali mengencangkan sekrup untuk mengamankan konektor baterai dengan menggunakan obeng kecil.
Memasang Baterai iPhone Baru

Memasang Baterai iPhone Baru

  • Jika baterai baru dan kedua sekrup telah terpasang sempurna, langkah berikutnya kita pasang kembali penutup atau casing belakang iPhone dengan perlahan. Adapun cara pemasangan penutup belakang tersebut dilakukan dari atas ditekan ke bawah hingga terpasang sempurna. Kemudian pasang kembali sekrup casing yang berada di bagian bawah dengan tepat dan barulah kita bisa hubungkan iPhone dengan USB untuk melakukan pengisian baterai hingga penuh.
Mengencangkan Kembali Sekrup Di bagian Bawah

Mengencangkan Kembali Sekrup Di bagian Bawah

Adapun pengisian baterai baru memang sebaiknya dilakukan saat ponsel dalam keadaan mati. Lakukan pengisian baterai baru kurang lebih selama 4-5 jam hingga keseluruhan cell baterai terisi dengan sempurna. Nah, cukup mudah bukan? Untuk melakukan penggantian baterai iPhone yang lama dengan yang baru hanya diperlukan sedikit ketelitian mengingat ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan khususnya saat melepas bagian sekrup yang berada di bagian bawah iPhone karena di sana terdapat fleksibel yang sedikit berisiko. Selain itu komponen dari iPhone juga memiliki ukuran yang sangat kecil, jadi saat melakukan pelepasan sekrup sebaiknya disimpan dalam sebuah wadah tertentu agar tidak hilang.

Namun yang perlu teman ingat adalah bahwa dengan melakukan pergantian baterai perangkat iPhone sendiri dengan menerapkan tutorial mengganti baterai iPhone yang dijelaskan di atas. Maka secara otomatis teman telah membatalkan garansi ponsel yang ada. Jadi jangan sampai hal tersebut dilakukan apabila tidak dalam keadaan yang mendesak atau benar-benar dibutuhkan mengingat ada sedikit resiko berupa hilangnya garansi yang masih berlaku, Sebab hal tersebut bisa merugikan kita sendiri nantinya. Jadi sebaiknya tutorial di atas dilakukan jika memang masa garansi ponsel sudah habis atau kamu bisa membawanya ke service center terdekat.

Baca juga : Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Tanpa Aplikasi

Demikianlah bahasan mengenai tutorial mengganti baterai iPhone untuk semua tipe yang dapat kami berikan. Semoga tutorial ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba mengganti baterai iPhone yang telah rusak dengan yang baru sehingga kinerja dan performa iPhone yang kamu miliki bisa kembali dalam kemampuan terbaiknya.

Facebook Comments
Tutorial Mengganti Baterai iPhone Untuk Semua Tipe | Fiscias Play | 4.5