Apa itu ROM dan Custom ROM Android, serta Kelebihannya

Seringkali ROM dan custom ROM menjadi topik perbincangan oleh para pengguna ponsel android. Apalagi bagi para muda-mudi penyuka pernak pernik dunia gadget, topik ini bukanlah hal asing lagi. Istilah ROM dan custom ROM memang memiliki keterkaitan dengan ponsel android. ROM sendiri merupakan singkatan dari “Read Only Memory“. Untuk lebih lengkapnya simak uraian tentang apa itu ROM dan custom ROM android berikut ini.

Apa Pengertian ROM dan Custom ROM pada Android

  1. ROM Android

ROM merupakan software atau media penyimpanan untuk file sistem yang mana data di dalamnya hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah dan bersifat permanen. Di dalam kasus ponsel andoid, ROM merujuk pada internal storage (penyimpanan internal). Contoh ROM android antara lain MIUI, ColorOS dan sebagainya. Dalam sistem android sendiri, terdapat 2 jenis ROM yakni stock ROM dan Custom ROM.

Stock ROM adalah ROM resmi yang dikeluarkan oleh pihak produsen dan update sistem yang ada dalam ROM tersebut sudah di tes, serta disesuaikan dengan spesifikasi perangkatnya terlebih dulu. Sedangkan custom ROM merupakan ROM modifikasi yang dikembangkan oleh ROM developer. Namun, seringkali ROM android bawaan pabrik dimodifikasi ulang oleh pengguna (fans) maupun developer lain, yang kemudian di install ulang melalui flashing. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa sistem pada perangkat android yang digunakan tanpa harus membeli perangkat yang baru.

  1. Kelebihan dan Kekurangan ROM Android Resmi (Stock ROM)

Kelebihan Stock ROM yang pertama yakni, sudah melalui tahap research dan pengembangan sehingga terjamin aman. Kedua, memiliki stabilitas tinggi. Ketiga bersifat universal, stock ROM bisa digunakan pada semua perangkat resmi yang spesifikasinya sesuai. Keempat, update pada stock ROM memiliki tingkat kemutakhiran lebih baik. Karena telah di uji terlebih dulu dan merupakan bentuk penyempurnaan dari sistem sebelumnya.

Sedangkan kekurangan dari stock ROM antara lain, pertama tidak sering update sistem karena pengembangan akan dilakukan apabila terdapat kerja sama dengan pemegang merek atau produsen tertentu saja. Kedua, apabila terdapat kekurangan pada sistem operasi sebelumnya, maka perbaikan sistem akan dilakukan pada saat keluaran perangkat berikutnya. Hal ini dilakukan karena dianggap lebih menguntungkan produsen. Ketiga, tidak semua negara akan memperoleh update sistem terbaru. Seringkali hanya negara besar saja yang bisa menikmati sistem terbaru.

  1. Custom ROM Android

Apa itu ROM dan custom ROM android? Merupakan pertanyaan yang sering keluar bagi pengguna awal android. Terutama custom ROM android, custom ROM sendiri merupakan frimware smartphone yang dimodifikasi dan dikembangkan oleh seorang pengembang di luar vendor smarthphone. Custom ROM dilakukan apabila sebuah smartphone dari merek tertentu memiliki kelemahan dalam kinerjanya. Untuk menutupi kelemahan tersebut dibutuhkan perubahan atau modifikasi terhadap ROM atau Firmwarenya.

Custom ROM biasanya dikembangkan dari ROM bawaan ataupun AOSP (Android Open Source Project). Contoh Custom ROM antara lain, Lineage, Xiaomi.eu, Resurrection Remix, Nitrogen, Cyanogenmod dan sebagainya. Namun dalam menerapkan custom ROM Anda perlu berhati-hati, sebab kesalahan penggunaan ROM tersebut dapat membuat ponsel android Anda mati total atau dikenal dengan istilah brick.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android

Kelebihan custom ROM android yaitu, pertama dapat mengubah tampilan android menjadi lebih menarik. Seringkali tampilan Android dari vendor kurang menarik, sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan menggunakan beberapa launcher tetapi tampilan pada launcher application tidak berfungsi sebagai tampilan utama. Kedua, dapat meningkatkan performa android menjadi lebih cepat. Ketiga, memperbaiki fitur-fitur yang menjadi kelemahan vendor. Terkadang fitur bawaan vendor kurang bagus, dengan mengaplikasikan Custom ROM dapat menyediakan widget turn on/off di status bar. Keempat, membuat pemakainya menjadi lebih friendly. Kelima, mengurangi beberapa Bug pada vendor.

Kekurangan dari custom ROM android antara lain, pertama kualitas dari fitur updatenya tidak terlalu baik. Kedua, dapat menghilangkan garansi HP android. Ketiga, kelebihan dari custom ROM dari waktu ke waktu dapat menjadi bug. Keempat, memperpendek umur HP android. Kelima, fungsi dari beberapa perangkat bawaan akan hilang atau tidak dapat digunakan setelah menggunakan custom ROM.

Berikut tadi bahasan apa itu ROM dan custom ROM android, banyak kelebihan dan kekurangan yang mungkin belum disebutkan. Namun, secara umum kendala dan kelebihan tersebutlah yang sering dijumpai. Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbeda dari yang lain, bisa mencoba untuk menggunakan custom ROM ini. Apabila Anda sudah puas dan tidak membutuhkan fitur yang bervariasi serta menyukai zona aman, lebih baik untuk tetap menggunakan stock ROM.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Apa itu ROM dan Custom ROM Android, serta Kelebihannya | Fiscias Play | 4.5