Penyebab / Kebiasaan Yang Bikin Baterai HP Android Bocor, Drop, Kembung

Baterai merupakan salah satu bagian yang penting dari handphone, apalagi zaman sekarang dimana sosial media menjadi hiburan menarik bagi banyak orang, sehingga penggunaan hp pun menjadi sangat sering. Namun apa jadinya jika HP yang kita gunakan baterainya hanya bertahan sebentar saja karena baterainya sudah mulai drop, bocor, kembung dan lain sebagainya, yang intinya baterai kita sudah tidak sehat lagi.

Sebagai anak zaman now, pastinya HP suatu barang yan penting kita bawa kemana-mana, artinya baterai pun harus tangguh juga ketika dalam penggunaan sehari-hari, karena belum tentu dalam kegiatan sehari-hari kita itu, kita menemukan charger, apalagi diluar ruangan. Nah, karena hal ini lah, kali ini SinyalTech akan membagikan Penyebab / Kebiasaan Yang Bikin Baterai HP Android Bocor, Drop, Kembung, hal ini dimaksudkan supaya teman-teman lebih awet baterai hp nya.

Menggunakan HP saat sambil di charger

Ketika kita mengecas HP, maka dalam kondisi tersebut berarti baterai HP kita sedang dialiri listrik, yang dimana berarti ada aliran listrik yang masuk ke dalam baterai kita, dalam keadaan ini baterai kita akan terasa sedikit hangat. Dalam kondisi tersebut, apabila kita menggunakan HP yang sedang di cas, maka secara otomatis menambah panas dari HP kita, dan itu berarti juga panas ke baterai HP kita.

Kondisi seperti ini menyebabkan bahan-bahan dalam baterai kita mengembang (karena panas tadi), dan hal itu membuat baterai jadi lebih mudah habis, lebih cepat rusak, drop dan kembung.

Pastikan apabila sedang mengecas HP, lebih baik diamkan saja terlebih dahulu, atau bahkan lebih baik di matikan saja. Apabila kita mematikan HP kita pada saat sedang di cas, hal ini membuat keadaan baterai jadi dingin, sehingga baterai tidak cepat rusak, dan itu berarti baterai kita lebih awet dalam penggunaan sehari-hari.

Sinyal HP Sering Jelek

Ketika sinyal HP sedang jelek, maka secara otomatis HP kita akan selalu melakukan searching jaringan, dan kegiatan seperti ini mengakibatkan panas berlebih pada HP anda. Sebaiknya ketika anda pada suatu tempat dimana HP anda tidak mendapatkan cukup sinyal maka hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mematikan paket data HP anda. Dengan begini maka HP anda akan berhenti mencari sinyal yang dimana dapat membuat boros dan panas pada penggunaan baterai HP anda, dan jika  di teruskan akan mengakibatkan berkurangnya usia baterai anda, dan menjadi cepat bocor, kembung / drop.

Baca Juga : Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G

Sering dibuat untuk main Game

Kabar buruk bagi anda pecinta game, sebaiknya tidak menjadikan HP anda sebagai gadget utama dalam bermain game, hal ini akan membuat layar HP anda nyala berjam-jam, sehingga akan membuat panas baterai anda namun anda tidak mengetahuinya karena sedang keasyikan main game. Saran saya, bagi anda yang menyukai bermain game di HP, maka pisahkanlah baterai untuk bermain game dan untuk harian, ini khusus untuk baterai yang remove-able, tapi untuk yang hp baterainya tidak remove-able, maka saran saya sebaiknya janganlah digunakan untuk bermain game.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video PC

OS Android Bermasalah

Biasanya bagi pemilik HP android, suka mengutak-atik OS yang ada pada HP nya, misalnya HP nya di root untuk menggunakan OS Android terbaru. Namun perlu diketahui bahwa OS keluaran terbaru pun belum tentu stabil, dan kadang masih ada gangguan. Tidak jarang orang cerita ketika HP nya di upgrade OS nya yang terjadi kemudian adalah HP tersebut jadi muncul beragam gangguan, dan tidak jarang baterai HP menjadi cepat habis akibatnya.

Ketidak stabilan HP mengakibatkan HP anda bekerja lebih berat, hal ini membuat baterai menjadi panas, semakin lama anda menggunakan dalam keadaan tersebut, maka semakin berkurang juga kualitas baterai anda, dan akhirnya usia penggunaan baterai anda menjadi lebih pendek.

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Penggunaan HP dengan kecerahan tinggi sama dengan penggunaan baterai yang lebih tinggi juga, hal ini sudah dapat dipastikan HP akan cepat panas, baterai jadi kembung. Sebaiknya gunakan kecerahan layar yang sedang-sedang saja, atau bisa juga di set otomatis, sehingga ketika dalam keadaan diruangan yang kurang cahaya, layar akan mengurangi kecerahannya, dan ketika berada ditempat yang pencahayaannya terang, maka HP akan secara otomatis menangkap indikasi tersebut dan membuat layar naik kecerahannya secara otomatis.

Sinkronisasi Otomatis / Update Apps Otomatis

Hal ini pernah terjadi pada saya sendiri, waktu itu HP sedang dalam keadaan di cas, dan ketika saya ingin cek berapa jumlah baterai yang sudah terisi, tiba-tiba HP saya terasa panas, padahal dalam keadaan di cas dan tidak sedang digunakan. Ternyata ketika saya cek, update otomatis aplikasi yang ada di HP android saya berjalan otomatis. Hal ini terjadi karena saya setting HP saya untuk update otomatis ketika tersambung jaringan wi-fi, alhasil ketika saya mencolokan HP saya, HP tersebut melakukan update aplikasi dengan sendirinya.

Ketika saya mengetahui hal tersebut, maka saya cancel semua proses update apps, karena pada saat itu sedang dalam kondisi di cas. Namun ketika sudah selesai di cas, dan HP sudah terasa dingin suhunya, maka baru saat itu saya update apps nya.

Kesalahan pada hardware

Hal ini juga pernah terjadi kepada saya, waktu itu pernah punya samsung galaxy note 1, yang dimana RAM yang dimiliki oleh HP tersebut masih 1 Gb, alhasil ketika saya gunakan pada kegiatan sehari-hari, saya letakan di saku celana saya saja HP tersebut sudah terasa panas, padahal tidak sedang digunakan. Dan baterai pun jadi cepat habis, kembung dan drop, ternyata memang dari segi spesifikasi, HP tersebut sepertinya sudah kurang tangguh untuk digunakan.

Pada akhirnya saya membeli HP baru yaitu samsung galaxy A7. Dimana RAM nya sudah 3Gb. Sejak penggunaan Samsung Galaxy A7, saya selalu berhati-hati dan tidak sembarangan. Alhasil saya pun memiliki HP yang dimana baterainya awet sampai lebih dari 1 tahun digunakan. Dan dengan spesifikasi yang sudah lebih mumpuni, HP saya pun tidak panas lagi ketika sedang dalam keadaan idle.

Sering digunakan untuk streaming video

Bagi saya, untuk streaming video youtube, lebih baik jika di PC atau Laptop saja, jika di HP maka akan membuat layar HP anda terus menyala, dan pada akhirnya sudah dapat ditebak, baterai jadi tidak awet, kembung dan drop. Ditambah dengan konsumsi paket data yang tinggi dalam keadaan streaming video, ditambah lagi sambil di cas dan sambil streamingan wahhhhh… coba lakukan ini selama beberapa minggu saja, dan bisa hampir di pastikan baterai anda jauh lebih tidak awet dibanding pada saat di beli baru.

Baca Juga : Cara Download Lagu dari HP Android

Nah, itu tadi guys, jika mau HP anda baterainya awet, maka hindari hal-hal diatas, karena itu merugikan diri kita sendiri, dan juga powerbank pun sebaiknya jangan dijadikan sebagai alat untuk menambah napas baterai anda, karena powerbank pun sebenarnya agak repot jika dibawa kemana-mana, sebaiknya gunakan HP anda scara bijak, jangan membuat HP anda berumur pendek.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Penyebab / Kebiasaan Yang Bikin Baterai HP Android Bocor, Drop, Kembung | Fiscias Play | 4.5