Cara Ampuh Mengaktifkan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Kemajuan perkembangan teknologi semakin menjadi-jadi. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa vendor seperti Xiaomi yang menawarkan beragam Smartphone dengan spesifikasi kelas tinggi. Namun, bukan berarti produk yang ditawarkan tanpa luput. Berbagai keluhan sering terdengar seperti sinyal yang tiba-tiba menghilang. Maka dari itu, Anda sebagai penggunanya tentu perlu tahu cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang. Sehingga bila permasalahan tersebut terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan baik.

Beberapa Tips Ampuh Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang pada Xiaomi

Beragam kendala sinyal merupakan suatu hal yang menjengkelkan. Apalagi ketika sedang ada urusan penting yang membutuhkan koneksi yang baik. Bisa-bisa segala urusan menjadi terhambat. Segala pekerjaan pun kini membutuhkan koneksi sinyal yang baik. Tentu Anda sendiri yang akan dirugikan. Berbagai cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang sebenarnya sudah mudah ditemui. Dengan mengetahui cara mengatasinya tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda. Berikut ini tips mengatasi sinyal 4G yang hilang pada Xiaomi:

  1. Muat Ulang / Restart Smartphone

Muat ulang Smartphone atau yang lebih dikenal me-restart merupakan cara klasik yang sudah sering dilakukan dalam mengatasi permasalahan sinyal. Cara ini sangat mudah dan terkadang terbukti ampuh dan efektif. Restart ulang handphone itu sendiri berarti memuat ulang segala chace termasuk fitur jaringan yang ada. Dengan begitu kemampuan fitur penangkap sinyal akan lebih segar dan mudah menangkap sinyal 4G dengan baik.

  1. Melakukan pencarian sinyal dengan internet acces / dial-up

Cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang selanjutnya yakni dengan melakukan pencarian sinyal dengan dial-up.

  1. Anda hanya perlu mengakses kode Xiaomi dengan cara mengetik *#*#4636#*#* pada menu telepon.
  2. Kemudian ikuti dengan cermat prosedur yang ada lalu ubahlah tipe jaringan utama dari  “Set Preferre Network Type” menjadi LTE Only.
  3. Kemudian Restart HP Xiaomi anda.

Mengubah tipe jaringan tersebut berarti nantinya Smartphone Anda hanya akan berfokus mencari dan menerima jaringan 4G. Langkah terakhir yaitu memuat ulang / me-restart Xiaomi Anda.

Baca Juga : Cara mengubah jaringan 3g ke 4g

Apabila masih kurang paham dengan tips tersebut, ada cara lain dalam pencarian dengan dial-up yakni dengan cara sbb :

  1. mencopot sejenak kartu SIM yang sedang Anda gunakan. Xiaomi sendiri menyediakan 2 slot kartu yang dapat dipasang, oleh karena itu masukan SIM prioritas di slot 1, gunakan SIM Card yang sudah terisi paket data internet.
  2. Kemudian ketik *#*#4636#*#*.
  3. Jika anda sudah masuk kedalam dial-up, anda pilih “Informasi Telepon 1” lalu pilih mode “CDMA Only”.
  4. Jika sudah, maka anda tunggu terlebih dahulu beberapa saat sampai jaringan atau sinyal hilang (No Service).
  5. Untuk langkah selanjutnya, anda tinggal buka menu “Setting kemudian SIM Card & Mobile Network kemudian SIM 1“. Jika sudah, maka pilihlah dan lalu kemudian ubah “Preffered Network” menjadi “Global”.

Dengan begitu maka otomatis sinyal 4G akan tersedia kembali bahkan kekuatan sinyalnya dapat menjadi lebih baik.

Jika anda memiliki dua SIM Card, maka anda pasang saja kedua SIM Card tersebut. tapi perlu dipastikan bahwa kartu yang nantinya akan digunakan untuk Internet harus terpasang pada slot SIM 1.

Setelah anda sudah memasang kedua SIM Card tersebut, maka kemudian hidupkan kembali HP anda, kemudian masuk ke menu papan tombol dan silahkan anda ketikan *#*#4636#*#* untuk kemudian anda akan masuk ke dial-up. Kemudian udah jaringan HP Anda ke mode “CDMA Only”, selesai.

  1. Hidupkan Mode Pesawat sejenak

Mengaktifkan Airplane Mode juga terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan sinyal. Cara mudah dan simpel ini bukanlah sesuatu yang asing karena sudah sering dilakukan kebanyakan dari Anda. Lalu apa sih sebenarnya fungsi mengaktifkan mode pesawat?

Menghidupkan mode tersebut berarti Anda tidak dapat menerima sinyal apapun. Dengan menghidupkannya kembali itu berarti fitur jaringan sudah di refresh sehingga akan kembali menerima sinyal 4G, bahkan kualitas sinyal yang diterima kadang jauh lebih baik.

  1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Bantuan aplikasi penguat sinyal dapat menjadi cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang. Saat ini ada banyak sekali aplikasi berkemampuan menguatkan sinyal yang mudah Anda temukan. Anda dapat mencarinya di Play Store yang ada di perangkat Xiaomi.

Banyaknya aplikasi yang tersedia bukan berarti semuanya berkualitas dan cocok di Smartphone Anda. Maka dari itu, survei terlebih dahulu untuk menentukan mana yang paling berkualitas. Dengan memilih aplikasi yang terbaik, kondisi sinyal yang akan diterima akan stabil terus menerus.

  1. Pindah ke Ruang Terbuka

Tidak semua ruangan dapat menangkap sinyal dengan baik. Apalagi bila di daerah Anda kekuatan sinyalnya masih kurang memadai karena di bawah standar. Maka bila terjadi permasalahan jaringan, keluarlah terlebih dahulu di tempat terbuka seperti di luar rumah karena di tempat tersebut jaringan akan lebih mudah di tangkap oleh Smartphone Anda.

  1. Ubah Set Lokasi

Mengubah lokasi Smarthpone Anda dapat menjadi pilihan menghadapi problematika sinyal yang sering eror. Mengubahnya dipercaya dapat menguatkan kekuatan sinyal seperti kekuatan jaringan di negara lain yang akan dituju. Anda dapat mengganti letak Xiaomi Anda ke negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, Australia, Cina dan lain-lain.

Cara menggantinya cukup mudah yakni dengan masuk ke pengaturan lalu klik setelan tambahan. Setelah itu, Anda dapat mengganti lokasi ke negara yang ingin dituju. Perhatikan bahwa mengganti lokasi perangkat Xiaomi juga berpengaruh dalam perubahan jam. Maka dari itu lebih baik memilihnya ke wilayah yang masih dalam zona GMT +7 agar jamnya tidak beda dengan wilayah Indonesia.

  1. Downgrade versi MIUI

Xiaomi sebagai salah satu vendor smartphone unggulan tentu selalu menawarkan pembaruan perangkat setiap waktu. Pembaruan yang ada sebenarnya untuk menunjang kemampuan perangkat menjadi lebih canggih. Permasalahannya ialah tidak semua tipe Xiaomi dapat mengikuti setiap update sistem yang baru. Bila versi yang baru tidak sesuai malah kemampuan segala sisi termasuk penangkap jaringan 4G melemah sehingga sinyal mudah hilang.

Apabila itu terjadi pada Smartphone Anda, cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang yakni dengan mengembalikan lagi ke versi MIUI yang sebelumnya agar segala sistemnya kembali berjalan normal. Beragam caranya dapat Anda cari dengan mudah di google ataupun menanyakannya ke rekan yang ahli.

  1. Kembalikan ke Setelan Awal

Mengembalikan ke setelan awal dapat menjadi tips jitu mengatasi permasalahan sinyal 4G Xiaomi yang hilang. Factory reset itu sendiri berarti mengembalikan semua pengaturan seperti dalam kondisi awal Smartphone tersebut. Melakukan cara tersebut juga berarti akan menghapus data-data internal yang ada di dalamnya. Jadi hanya akan ada aplikasi bawaan yang tersisa. Maka dari itu, sebaiknya back up datanya ke perangkat lain terlebih dahulu sebelum berniat me-reset ke setelan awal agar data penting Anda tidak hilang secara percuma.

Cara melakukan setelan seperti awal cukup mudah yakni hanya tinggal mengikuti beberapa prosedur yang ada di menu setting. Jika sudah selesai, maka Smartphone Anda akan terasa seperti baru saat awal-awal membeli karena segala aplikasi dan pengaturannya kembali seperti semula.

  1. Ubah Sejenak ke Pengaturan 2G atau 3G

Cara ini juga tergolong menjadi salah satu tips yang simpel dan mudah sekali dilakukan. Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan mengenai kategori jaringan yang dipilih. Misalnya tipe prioritas jaringan awal yang Anda pilih LTE only kemudian ubahlah sejenak ke tipe prioritas jaringan 2G atau 3G. Setelah beberapa menit kembalilah ke pengaturan hanya 4G.

Tujuan melakukan cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang tersebut sebenarnya sama dengan menghidupkan Airplane Mode karena akan me-refresh sistem jaringan. Sehingga fungsi fitur jaringan dapat bekerja secara lancar dan optimal kembali. Dengan begitu sinyal yang di dapat kemungkinan akan lebih baik.

  1. Ganti Kartu SIM

Apabila segala cara seperti yang disebutkan di atas sudah dilakukan dengan baik tetapi tidak membuahkan hasil, tentu berarti ada permasalahan lain yang patut Anda curigai. Bisa saja memang daerah Anda kurang tercover dengan baik kekuatan sinyal 4Gnya sehingga jaringan yang berkualitas sulit masuk pada smarphone.

Bila keadaan seperti itu adanya, maka Anda tidak punya pilihan lain selain harus mengganti kartu SIM. Ganti SIM card yang terbukti mempunyai kekuatan sinyal yang baik di daerah tempat tinggal Anda. Kalau perlu tanyakan kerabat atau survei terlebih dahulu. Jangan sampai Anda salah pilih. Sebab salah pilih berarti Anda akan mengulangi kesalahan yang sama.

Itulah beberapa cara ampuh mengaktifkan sinyal 4G Xiaomi yang hilang. Penyebab sinyal memburuk itu sendiri ada berbagai macam seperti gangguan dari pusat penyedia SIM, daerah yang kurang tercover sinyal dengan baik, tipe MIUI yang tidak cocok, virus, dan lain-lain. Beragam cara di atas sudah banyak dilakukan kebanyakan orang sehingga telah dipercaya keampuhannya. Namun, apabila sinyal 4G Smartphone Anda masih belum pulih dan cenderung hilang, mungkin ada hal lain yang menghambat kekuatan sinyalnya. Bisa saja disebabkan virus atau mungkin sistem eror di dalamnya. Apabila itu terjadi maka sebaiknya bawalah handphone Anda ke tempat servis yang terbaik agar segala fungsi yang terganggu dapat di atasi dengan baik.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Ampuh Mengaktifkan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang | Fiscias Play | 4.5