Cara Flash Redmi 4 / 4A / 4 X / 4 Prime Dengan Mi Flash yang Mudah dan Cepat

Smartphone Xiaomi Redmi 4, 4A, 4X dan 4 Prime banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang bagus, namun harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Harga pasaran smartphone tersebut relatif murah sehingga dapat dimiliki oleh berbagai kalangan. Secara keseluruhan, spesifikasi smartphone memang sangat baik namun hal yang kerap kali menjadi masalah yaitu kondisi ROM yang berasal dari distributor sehingga menimbulkan banyak masalah. Untuk bisa mengatasinya Anda harus mengetahui cara flash Redmi 4/ 4A/ 4X/ 4 Prime dengan Mi Flash.

Cara Flash Redmi 4 / 4A / 4 X / 4 Prime Dengan Mi Flash yang Mudah dan Aman

Bagi Anda pemilik smartphone Xiaomi Redmi 4, 4A, 4X dan 4 Prime yang mendapatkan ROM distributor, maka akan mendapatkan banyak masalah diantaranya kondisi baterai yang cepat sekali habis, muncul banyak iklan, fingerprint yang mengalami error dan lain sebagainya. Semua hal tersebut tentu akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman ketika menggunakan ponsel. Untuk itulah diperlukan adanya solusi atau suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tidak berlarut-larut dan berimbas pada komponen yang lain. Oleh sebab itulah, berikut ini akan dijelaskan cara flash Redmi 4/ 4A/ 4X/ 4 Prime dengan Mi Flash dalam bentuk poin-poin

  1. Pastikan Smartphone Dalam Keadaan “On” dan Kondisi Baterai Lebih Dari 80%

Proses melakukan flash pada Redmi 4, 4A, 4X dan 4 Prime akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karenanya Anda harus memastikan kondisi dari smartphoen. Jika baterai kurang dari 50%, maka disarankan untuk tidak melakukan flash disaat itu. Sebaiknya Anda mencharger ponsel hingga kondisi baterai lebih dari 80%.

  1. Mode Download

Ada sejumlah cara yang harus dipraktekan agar bisa masuk ke download mode. Cara yang digunakan yaitu dengan Mematikan ponsel terlebih dahulu, dan dalam keadaan mati silahkan menekan dan menahan volume Bawah + Power + Home . Setelah itu, pilihlah tulisan “download” yang tertera pada layar smartphone Anda. Jika cara tersebut gagal, maka Anda dapat mencoba beberapa cara lainnya. Akan tetapi setiap tipe smartphone memiliki cara yang berbeda-beda.

  1. Menghubungkan Smartphone ke PC atau Laptop

Jika langkah sebelumnya telah dilakukan, maka selanjutnya yaitu menghubungkan smartphone dengan pc atau laptop. Saat dihubungkan dengan pc atau laptop, smartphone Anda akan terdeteksi sebagai QHUSB_BULK. Berikutnya Anda hanya perlu mengklik kanan pada tulisan QHUSB_BULK, lalu pilih “Update Driver” dan pilihlah tulisan pada layar yang berbunyi “Choose Browse My Computer for Driver Software”

Lalu carilah lokasi dari file tersebut di folder Program Files (x86). Jika ternyata Anda tidak menemukan folder “Xiaomi”, maka cobalah untuk menginstal Mi Flash terlebih dahulu. Lantas jika muncul notifikasi “Install this Diver Software Anyway”, maka Anda harus sabar menanti hingga proses selesai. Setelah proses selesai, driver akan berubah menjadi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMX).

  1. Proses Flashing

Pada saat melakukan flashing, Anda harus memastikan bahwa windows yang digunakan adalah versi 64 bit. Apabila file tidak bereksistensi “.tar” silahka ubah menjadi “.tgz”. Semua file diubah menjadi eksistensi “.tgz”. Anda tidak perlu melakukan rename jika file sudah bereksistensi “.tgz”.

  1. Melakukan Refresh

Selanjutnya Anda harus memilih hasil ekstrak room dengan membuka aplikasi miflash. Jika saat flashing terjadi error, maka cobalah untuk mengulanginya namun pilihlah folder “Images”. Kemudian tombol “Refresh” di tekan. Fungsi tombol tersebut yaitu untuk merefresh pengaturan yang sebelumnya telah diset.

Anda harus memastikan bahwa pada bagian “Device”, telah tertulis “COMX”, dimana “X merupakan angka”. Lalu pilihlah “Flash All yang terdapat pada bagian bawah. Jika telah dilakukan, selanjutnya tekan “Flash” yang berada di sebelah kanan atas. Tunggulah sekitar 100 detik hingga 700 detik hingga muncul tulisan “The Operation Completed Succesfuly” yang menandakan bahwa proses flash yang telah dilakukan berhasil. Selanjutnya, putus hubungan koneksi antara smartphone dan pc atau laptop dan Anda sudah bisa menyalakan handphone kembali. Apabila telah berhasil, maka Anda sudah bisa menikmati kondisi ROM yang baru tanpa adanya masalah akibat dari ROM distributor yang membuat perasaan menjadi tidak nyaman saat menggunakan smartphone tersebut.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai cara flash Redmi 4/ 4A/ 4X/ 4 Prime dengan Mi Flash. Sangat disarankan bagi Anda yang memiliki smartphone dengan tipe tersebut untuk melakukan flash apabila ROM yang digunakan berasal dari distributor. Hal tersebut dikarenakan, smartphone dengan ROM bawaan dari distributor hanya akan menimbulkan banyak masalah bagi penggunanya. Semua masalah tersebut akan menyerangkan perangkat Anda dan jika terus berlanjut dikhawatirkan akan semakin parah dan dapat berimbas pada komponen yang lain.

 

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Flash Redmi 4 / 4A / 4 X / 4 Prime Dengan Mi Flash yang Mudah dan Cepat | Fiscias Play | 4.5