Cara Flash ROM Xiaomi Redmi 3 / 3 Pro / 3 Prime Dengan MiFlash

Xiaomi merupakan merek terkenal dunia yang mempunyai tempat di hati penggunanya. Segala kemudahan yang diberikan oleh Xiaomi pun akan membuat Anda tidak mudah berpaling ke merek yang lain. Mulai dari ponsel yang bisa dilacak saat hilang hingga ROM yang bisa di flash menggunakan aplikasi dari Xiaomi seperti cara flash ROM Xiaomi Redmi 3/3 Pro/3 Prime dengan MiFlash.

Meski, ponsel Xiaomi seri Redmi 3 yang ada di pasaran mempunyai garansi distributor yang custom  Romnya dikenal dengan ROM distributor yang punya banyak sekali masalah. Masalah yang timbul antara lain banyak sekali iklan pop up yang muncul, errornya aplikasi, dan baterai sangat mudah sekali habis. Untuk menangani masalah tersebut diperlukan tindakan flash pada ponsel Xiaomi. Akan tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara flash ponsel asal Tiongkok ini.

Langkah-Langkah Flashing ROM

Cara flash ROM Xiaomi Redmi 3/3 Pro/3 Prime dengan MiFlash sangatlah mudah. Bahkan lebih mudah daripada menggunakan fastboot ROM. Pada umumnya untuk melakukan flashing menggunakan fastboot tetapi tidak dengan HP Xiaomi karena terganjal lock bootloader.

Dalam proses flash, coba usahakan untuk menggunakan Windows 64 bit, hal ini di karena kan jika windows 32bit yang akan digunakan, maka biasanya akan terjadi error “Not Enough Storage to Proccess this Command

Sebelum melakukan lashing, dibutuhkan PC dan disarankan yang memiliki OS atau Operasional System 64Bit Win 7/8/10. Adapun sebelum melakukan flashing ROM HP Xiaomi diperlukan beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

  1. Pastikan daya baterai ponsel adalah minimal 50%.
  2. Install Mi Flash di http://www1.zippyshare.com/v/BK5NnX6T/file.html dan Mi Suite , dan juga download ROM nya di http://en.miui.com/a-234.html
  3. Masuk ke Download mode dengan cara menekan tombol power dan volume atas secara bersama-sama dengan ponsel dalam keadaan mati.
  4. Pilihlah ke menu download. Yang menjadi pertanda sudah masuknya ke download mode adalah ponsel akan menjadi blank hitam. Kalau sudah demikian, pilihlah disable signature. 
  5. Pada pc anda, silahkan bukalah Device manager dengan cara > Klik kanan My Computer > Properties > Kemudian tekan “Device manager”
  6. Hubungkan HP Anda Ke PC.
  7. HP kita nantinya akan terdeteksi dengan nama berikut : “QHUSB_BULK
  8. Lalu, segera update driver dengan cara mengklik kanan pada QHUSB_BULK. Setelah itu pilihlah menu choose browse my computer for driver software. Cari driver yan berlokasi di drive C:\program files(x86)\Xiaomi\MiPhone\Qualcomm\driver.
  9. Dan jika driver Xiaomi tidak bisa ditemukan, pasang Mi Flash terelebih dahulu, link downloadnya sudah disediakan diatas ya. jika sudah muncul notifikasi instalasi, pilihlah “Install this Driver Software anyway“. Tunggu hingga proses install selesai.
  10. Setelah driver sudah terpasang, maka akan berubah menjadi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMX). Huruf X disini merupakan angka yang akan membedakan smartphone satu dengan yang lain, pada contoh ini COM30.
  11. Extract File ROM yang sebelumnya  anda download tadi. Jika File yang anda download tadi berekstensi “.tar” silahkan ubah terlebih dahulu menjadi “.tgz”. Untuk cara merubah nya mudah kok, silahkan Klik kanan pada File ROM > kemudian pilih Rename > Hapus tulisan “.tar”, dan kemudian ganti dengan “.TGZ”.
    Jika memang sudah berekstensi “.TGZ” maka anda tidak perlu lagi rename filenya. Isi File yang saya jelaskan tadi, hasil extractnya akan seperti ini

Adapun langkah-langkah cara flash ROM Xiaomi Redmi 3/3 Pro/3 Prime dengan MiFlash adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama bukalah aplikasi Mi Flash yang ada di C: \ Program Files (x86) \ Xiaomi \ MiPhone dengan mengklik kanan menu Run as Administrator.
  2. Selanjutnya aplikasi Mi Flash yang sudah terbuka akan muncul beberapa tombol dan menu pilihan. Tekan tombol browse dan pilihlah folder hasil ekstrak fastboot ROM atau firmware ROM. Yang anda pilih cuma sampai folder ROM ya, contohnya sbb : “C:\MIUI” bukan “C:\MIUI\Images
  3. Kemudian tekanlah tombol refresh hingga tertulis COMX pada bagian device. Seperti yang sudah dijelaskan tadi huruf X mewakili angka device. X adalah Angka, bisa saja COM10, COM20, COM30. yang penting “COM”
  4. Setelah itu akan muncul di bagian bawah aplikasi menu Flash All, Jika memilih menu tersebut, maka semua data akan terhapus termasuk semua aplikasi yang sudah terpasang di HP. Dan jika memilih menu Flash All except storage, maka semua aplikasi yang terinstall dan file yang ada di memory internal akan terhapus. Akan tetapi, efek biasanya yang muncul adalah aplikasi akan banyak yang force closed atau tutup paksa. Dan jika menu flash All except data and storage yang dipilih semua data akan hilang. Hanya aplikasi yang sudah terpasang di ponsel tidak akan terhapus karena telah disipmpan di memori internal. Jadi akan lebih aman. Cara ini biasanya dilakukan seperti update ROM via OTA.
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol flash di bagian kanan atas. Proses flashing akan memakan waktu sekitar 1 sampai 10 menit. Rata-rata proses flashing 5 hingga 8 menit.
  6. Jika proses flashing sukses, maka akan muncul pemberitahuan notifikasi The Operation Completed successfully.
  7. Kalau sudah selesai, maka ponsel Xiaomi bisa kembali dihidupkan.

Sebaiknya backup semua data yang ada di ponsel terlebih dahulu sebelum melakukan flashing. Dan jangan pernah mencopot kabel USB karena akan bisa terjadi bootlop. Jangan juga menggunakan PC yang masih menggunakan OS 32Bit karena masih belum memadai untuk proses flashing.

Demikian cara flash ROM Xiaomi Redmi 3/3 Pro/3 Prime dengan MiFlash. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki ROM yang lebih besar pada HP Xiaomi seri 3 kesayangan.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Flash ROM Xiaomi Redmi 3 / 3 Pro / 3 Prime Dengan MiFlash | Fiscias Play | 4.5