Cara Flashing dan Instal Stock ROM Samsung Menggunakan Odin Terlengkap

Flashing bukanlah hal baru di dunia teknologi. Semua pengguna smartphone Android pasti tahu istilah ini. Flashing adalah proses pemasangan atau penginstalan ulang sebuah ROM pada smartphone Android Anda. Jenis Android yang bisa diterapkan dalam proses ini adalah Android jenis Lollipop hingga Oreo. Jika Anda pengguna ponsel Android bermerk Samsung, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan instal stock ROM Odin. Baca keseluruhan ulasan mengenai cara flash dan instal stock ROM Samsung menggunakan Odin terlengkap ini.

Cara Mudah Flash dan Instal Stock ROM Samsung Dengan Odin

Odin adalah aplikasi yang berfungsi untuk stock ROM di Android. Aplikasi ini juga digunakan untuk menginstal custom recovery. Banyak pengguna gadget mulai melirik aplikasi ini karena kemudahannya. Anda hanya perlu mengikuti langkah demi langkah cara flash dan instal stock ROM Samsung menggunakan Odin dengan teliti agar terhindar dari kegagalan yang membuat smartphone bootlop. Kegagalan ini biasanya terjadi karena tidak cocoknya ROM pada smartphone pemiliknya.

Baca Juga : cara mudah ganti sinyal

Untuk Anda yang baru akan belajar menginstal ROM dengan Odin, tidak semua jenis smartphone Samsung bisa diterapkan. Anda akan berhasil flashing dan instal stock ROM Odin di Samsung model Galaxy J Series, Galaxy A Series, Galaxy E Series, Galaxy Tab Series, Galaxy Note Series, dan Galaxy S Series. Selain dari yang telah disebut tidak akan berhasil karena tak cukup mendukung. Setelah mengetahui model smartphone Samsung yang bisa di flash dengan Odin, maka simaklah tutorial berikut secara saksama.

  1. Siapkan perlengkapan yang Diperlukan dan Lakukan Back Up

Perlengkapan yang diperlukan antara lain komputer atau laptop dan kabel USB. Akan lebih aman jika menggunakan kabel USB yang asli daripada yang palsu atau tiruan. Back up data dan back up ROM adalah poin penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan saat melakukan flash atau instal. Jika data-data sudah dipindah terlebih dahulu, maka Anda tak akan kerepotan mengembalikan file-file yang mungkin hilang saat gagal flash.

Baca Juga : game android baru

  1. Download Aplikasi Odin

Setelah proses back up selesai, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Odin versi terbaru. Banyak link yang tersedia di dunia maya, jadi Anda tak perlu bingung mencarinya. Jika sudah terdownload, maka ekstrak file aplikasi itu ke komputer atau laptop yang sudah disiapkan. Download >> Aplikasi Odin Versi terbaru.

  1. Instal Samsung USB Driver dan Stock ROM

Langkah yang lain adalah dengan menginstal Samsung USB Driver di PC atau laptop Anda, dan juga stock ROM atau firmware smartphone Samsung. Setelah proses penginstalan selesai maka restart PC atau laptop apabila ada pemberitahuan untuk restart. Download Samsung USB Driver >> Aplikasi USB Driver, Stock Rom Untuk Ssamsung Galaxy Sesuai tipe ponsel kamu, bisa cari di sini.

Terbaru : cara mendownload mp3

  1. Masuk Ke menu Download

Matikan Samsung Anda lalu masuklah ke menu download. Caranya adalah Tekan tombol home, volume down, dan power bersama-sama selama beberapa detik. Lalu ketika sudah masuk layar baru untuk pilihan masuk ke menu download, silahkan tekan volume up untuk melanjutkan masuk ke menu download. Jika sudah berhasil masuk, hubungkan ponsel Anda ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB yang sudah disiapkan.

Terpopuler : cek jaringan 4g indosat

  1. Masuk ke Aplikasi Odin

Jika di poin ketiga tadi Anda sudah mengekstrak aplikasi Odin, maka masuklah dengan klik kanan dan klik run as administrator. Pastikan terlebih dahulu jika ID port USB di bagian bawah tertulis dengan “ID.COM”. Apabila tulisan itu tak ada, maka coba ganti kabel USBnya dengan yang lain. Jika sudah ada, maka pilih “AP” button dan carilah file ROM Androidnya yang akan diinstal di smartphone Anda. Klik open jika sudah menemukannya, dan pilih tombol start di aplikasi Odin tersebut. Lengkapnya seperti gambar dibawah ini.

  1. Proses Pemasangan

Mulailah tahap pemasangan. Jangan pernah sekalipun melepaskan kabel USB atau menutup aplikasi Odinnya. Apalagi mematikan PC atau laptop secara paksa. Hal itu akan menggagalkan proses pemasangan dan bisa berakibat buruk pada smartphone Samsung Anda. Tunggu saja prosesnya sampai selesai hingga kemudian muncul tulisan “Pass” di sisi kiri atas aplikasi Odinnya. Jika tulisan itu sudah ada itu berarti Anda diperbolehkan menutup aplikasi Odin dan mencabut USBnya.

  1. Restart Ponsel

Restart ponsel Android Anda dan tunggulah selama beberapa menit. Apabila ponsel Anda telah masuk ke pengaturan awal Android, itu artinya proses instal ROM berhasil dengan sempurna. Mudah bukan?

Selamat jika Anda sudah berhasil melakukan proses flash dan instal ROM di smartphone Anda. Namun jika belum, itu artinya ada beberapa langkah yang sedikit meleset atau terlewati. Seperti saja jika Anda lupa memback up di awal langkah. Berikut akan diberikan tips lain dalam tutorial cara flash dan instal stock ROM Samsung menggunakan Odin untuk Anda yang belum sempat melakukan back up.

Terbaru : cara root hp tanpa aplikasi

Pertama-tama, Anda bisa mencoba memperbarui aplikasi Odin atau USB Samsung Drivernya. Mungkin saja aplikasi Odin yang Anda unduh adalah versi lama yang tak sesuai dengan ponsel Anda. Tips kedua adalah dengan memindahkan kabel data ke port USB lain selain yang Anda pakai. Tips ketiga adalah dengan menjalankan lagi aplikasi Odin seperti di tahap keenam. Lalu tips terakhir adalah dengan mengunduh lagi ROM Android yang cocok untuk smartphone Anda.

Perlu dipahami jika tutorial cara flash dan instal stock ROM Samsung menggunakan Odin ini sepenuhnya berada di tangan Anda. Itu artinya segala resiko Anda yang menanggungnya. Maka dari itu pertimbangkan dengan baik sebelum mulai mengikuti tutorial sederhana ini. Apabila Anda merasa ragu dan takut gagal, minta tolonglah kepada ahlinya saja atau pada orang yang sudah terbiasa melakukan instal stock ROM. Namun dengan langkah-langkah yang diikuti dengan urut maka kiranya kegagalan akan bisa diminimalisir. Ingat untuk selalu mencocokkan custom ROM dengan smartphone kesayangan Anda. Mintalah saran ROM yang tepat pada ahlinya, atau bisa pula mencaritahu lewat internet. Silakan mulai mencoba! Semoga berhasil.

 

Cara Flashing dan Instal Stock ROM Samsung Menggunakan Odin Terlengkap | Fiscias Play | 4.5