Cara Flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD

Samsung, mungkin hampir semua pengguna gadget mengetahui merek smartphone ini, meskipun tidak menggunakannya. Berdasarkan fakta di lapangan, gadget keluaran Samsung menjadi salah satu gadget yang paling banyak digunakan, terutama dalam bentu smartphone. Sama seperti smartphone lainnya, Samsung terkadang juga mengalami berbagai masalah pada sistemnya sehingga memaksa pengguna untuk melakukan flashing atau instal ulang. Lalu bagaimana cara flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD, bagi Anda pemilik ponsel Samsung seri A5 ini.

Cara Mudah Flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD

Flashing bisa menjadi alternatif atau cara paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada ponsel Anda. Salah satu masalah yang sering dihadapi para pengguna ponsel pintar, tidak hanya Samsung, adalah ponsel yang tiba-tiba mati dan tidak bisa menyala lagi, error saat digunakan untuk bekerja, dan masalah-masalah lainnya.

Misalnya Anda menggunakan seri Samsung Galaxy A5 dan ponsel Anda mengalami masalah yang membuatnya tidak lagi bisa beroperasi dengan normal atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali. Untuk mengatasi masalah pada seri ponsel keluaran negeri Korea ini, berikut adalah cara flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum memulai prosedur flashing, ada beberapa hal yang Anda butuhkan.

Sebelum mulai proses flashing, pertama pastikan Anda memiliki Samsung USB Driver atau Samsung Kies pada komputer yang akan digunakan untuk proses flashing. Jangan lupa juga Odin 3 dan Firmware. Semua hal ini harus Anda penuhi sebelum melakukan flashing pada ponsel Samsung Anda Aplikasi-aplikasi ini harus sudah diunduh dan dipasang pada perangkat komputer yang nantinya akan digunakan untuk flashing. Jika sudah ikuti instruksi berikut.

  1. Download Aplikasi Samsung USB Driver

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai proses flasing pada ponsel Samsung Anda adalah mengunduh Samsug USB Driver dan Samsung Kies. Jangan lupa untuk langsung menginstal aplikasi tersebut pada komputer Anda. Jangan lupa juga mengunduh dan mengextract stock ROM sesuai seri HP Anda.

  1. Masuk ke Download Mode

Langkah selanjutnya adalah masuk ke download mode. Caranya adalah tekan tombol home, volume bawah dan tombol power secara bersamaan dan tahan hingga ada tampilan warning. Jika sudah melihat tampilan warning ini, tekan tombol volume up untuk menuju ke download mode. Selanjutnya download juga Odin pada komputer Anda. Jika sudah didownload dan diinstal, sambungkan melalui USB ponsel Anda ke komputer.

  1. Deteksi Perangkat dan Lakukan Proses Flashing

Setelah menghubungkan perangkat smartphone Anda ke komputer dengan USB, jalankan aplikasi Odin 3 tersebut. Ketika perangkat Samsung Anda terdeteksi, maka pada aplikasi akan tercantum keterangan berbunyi ‘Added’. Jika sudah, klik tombol ‘AP’ lalu pilih file ROM yang sebelumnya sudah Anda unduh dan extract di langkah awal di atas. Setelah itu, masukkan file Rom tersebut ke AP dan klik tombol ‘Start’ untuk memulai proses flash pada Smartphone Samsung Anda.

  1. Mulai Proses Flashing

Ketika proses flash sudah selesai, pada aplikasi Odin 3 yang Anda gunakan akan muncul tampilan yang mengindikasikan jika proses sudah selesai. Tampilan itu adalah adanya kotak hijau dengan tulisan ‘PASS’ di dalamnya. Tunggu hingga perangkat Samsung Anda menyala atau muncul login Bootloop. Jika sudah masuk ke tampilan Bootloop, saatnya Anda melakukan recovery mode untuk memulihkan kembali data Anda.

 

Caranya adalah dengan menekan tombol home, volume atas dan power secara bersamaan sambil ditahan beberapa saat hingga ponsel bergetar. Jika sudah bergetar, Anda akan langsung dialihkan ke mode recovery. Pada tampilan ini, Anda akan melihat banyak menu. Pilih saja menu ‘Wipe data/Factory reset’ dengan menggunakan tombol volume up/down. Jika sudah memilih menu Factory reset, tekan tombol power. Lalu akan muncul menu ‘Reboot system Now’. Jika sudah, maka ponsel Anda akan melakukan restart sendiri. Tunggu hingga ponsel menyala lagi.

Samsung sebagai salah satu brand smartphone yang paling banyak diminati di Indonesia bukannya tanpa ada masalah ketika menggunakannya. Banyak pengguna yang mungkin mengalami masalah mulai dari error hingga ponsel mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika sudah pada tahap ini, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing. Nah, cara flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD di atas ada cara mudah yang bisa Anda gunakan ketika mengalami masalah serupa pada ponsel Anda.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Flashing HP Samsung Galaxy A5 2016 SM-A510FD | Fiscias Play | 4.5