Cara Instal Custom ROM MultiROM di Semua Xiaomi, Tepat dan Akurat

MultiROM merupakan jenis custom ROM yang berasal dari modifikasi Official MIUI China ROM. Custom ROM ini diklaim memiliki daya tahan baterai yang tinggi serta performanya yang lebih baik dibanding lainnya. MultiROM membebaskan penggunanya untuk mengimport font, tema, dan file MTZ lain sesuka hati Anda. Selain itu, custom ini juga mendukung bahasa Indonesia. Dengan alasan itulah banyak orang terutama masyarakat Indonesia menggunakan ROM ini di smartphone mereka. Anda pengguna Xiaomi juga pasti menginginkan ROM jenis ini diinstal di ponsel Anda bukan? Simaklah cara instal custom ROM MultiROM di semua Xiaomi yang tepat dan akurat.

Cara Instal Custom ROM MultiROM di Semua Jenis Xiaomi

ROM sendiri adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM ialah sebuah memory internal yang menyediakan firmware dan aplikasi-aplikasi smartphone Android. ROM yang termodifikasi dinamakan custom ROM. Karena namanya saja modifikasi, itu berarti ROM ini tidak official atau resmi keluaran dari Xiaomi. Salah satu custom ROM yang terkenal di kalangan MiFans adalah MultiROM.

MultiROM dikembangkan oleh MiFans dari Rusia. Karena itulah mungkin penerapan bahasa Indonesia di custom ROM ini belum terlihat sempurna. Namun, masih dalam tahap yang nyaman digunakan. Terlebih karena custom ROM ini bisa diterapkan di semua jenis smartphone Xiaomi. Jadi jangan khawatir jika sekiranya ponsel Xiaomi Anda berOS lama, Anda masih bisa menginstal custom ROM MultiROM ini dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah dalam pemasangan MultiROM yang harus Anda lakukan.

  1. Siapkan Bahan Utama

Cara instal custom ROM MultiROM di semua Xiaomi yang pertama kali adalah dengan menyiapkan bahan yang diperlukan. Bahannya adalah tentu saja ROM Recovery MultiROM. Anda bisa dengan mudah mendownloadnya di > Download ROM Recovery .

  1. Unlock Bootloader dan Instal TWRP

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan Unlock Bootloader. Apabila Bootloader masih dalam keadaan terkunci maka MultiROM tak akan bisa terinstal. Kemudian Anda juga perlu menginstal TWRP. TWRP ini diperlukan karena ROM MultiROM nantinya akan dipasang di TWRP. Pastikan Anda sudah memenuhi syarat tersebut sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Tutorial cara unlock ada di Unlock Bootloader

  1. Back Up Data

Back up seluruh data di smartphone Xiaomi Anda seperti foto, video, dokumen, lagu, dan lainnya. Back up penting dilakukan untuk mencegah kehilangan data penting jika proses instal ROM gagal atau terkendala masalah. Tidak akan lucu jika nantinya Anda menyalahkan orang lain karena keteledoran Anda dalam hal memback up data. Untuk menghindari hal itu, maka lakukan saja langkah nomor tiga ini agar tak menyesal di kemudian hari.

  1. Masuk Ke TWRP

Sebelum masuk ke TWRP, Anda harus sudah memindahkan file MultiROM yang telah terunduh ke internal memory smartphone Xiaomi Anda. Selain ke internal memory, file juga bisa dipindah ke External Memory ataupun melalui USB OTG. Pilih yang Anda suka. Selanjutnya mulailah masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol power dan volume down dan Home secara bersamaan dan pilihlah recovery. Apabila muncul tombol berwarna hijau dan biru, maka pilihlah bagian kiri.

Jika sudah berhasil masuk, maka lakukan proses Wipe. Proses ini dilakukan dengan memilih Wipe, lalu pilih Advance Wipe. Centanglah semua system, cache, dalvik, dan data. Kemudian geser layar ke kanan dan mulailah proses Wipe.

  1. Mulai Proses Instal MultiROM

Sesaat setelah proses Wipe dilakukan, Anda bisa melanjutkan cara instal custom ROM MultiROM di semua Xiaomi. Langkah kelima adalah menginstal MultiROM. Ini adalah langkah utama dalam tutorial ini. Kembalilah ke menu TWRP awal lalu pilih instal. Temukan file ROM yang telah disiapkan dan geser layar ke kanan di swipe to confirm flash. Akan tetapi jika Anda menyimpan MultiROM di memory exernal ataupun USB OTG, Anda bisa menginstal dengan klik instal, lalu select storage. Carilah file ROM dan mulailah prosesnya.

  1. Reboot

Tahap terakhir dari proses ini adalah dengan mereboot smartphone Xiaomi Anda. Jika sudah dan ponsel Anda terlihat baik-baik saja, maka instalasi Anda bisa dibilang berhasil.

Demikianlah ulasan mengenai cara instal custom ROM MultiROM di semua Xiaomi. Harus selalu diingat jika semua resiko ada di tangan Anda. Kerusakan atau kegagalan tidak ditanggung orang lain. Maka dari itu, sebelum mulai memasang, Anda harus menanyakan atau meminta saran pada orang yang lebih berpengalaman terlebh dahulu. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mulai pemasangan. Selain itu selama mengikuti langkah-langkah yang tertulis di atas, Anda juga perlu memperhatikan detailnya untuk menghindari kesalahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Namun, pada akhirnya semua kembali pada selera. Terserah Anda ingin menggunakan custom MultiROM ini di ponsel Xiaomi Anda atau tidak. Semua tergantung selera. Anda sendiri yang bisa membuktikannya.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Instal Custom ROM MultiROM di Semua Xiaomi, Tepat dan Akurat | Fiscias Play | 4.5