Cara Mengatasi Baterai HP Bocor Pada Smartphone, Penting!!

7 Cara mengatasi baterai hp bocor atau cepat habis

  1. Pertama kita lepaskan terlebih dahulu baterai dari ponsel
  2. Kemudian apabila baterai masih terasa maka bisa di diamkan untuk beberapa saat hingga baterai benar-benar dingin sesuai suhu ruangan.
  3. Cara mengatasi baterai hp bocor selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam plastik dan diikat rapat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk ataupun keluar.
  4. Selanjutnya kita masukkan baterai yang sudah terbungkus tadi ke dalam lemari pendingin tepatnya di bagian freezer. Lalu kita tunggu hingga 9 sampai 12 jam agar baterai benar-benar beku di dalamnya.
  5. Jika baterai sudah berada dalam lemari pendingin sesuai waktu yang ditentukan, maka baterai bisa segera dikeluarkan di diamkan hingga suhunya kembali normal atau kurang lebih sekitar 2 jam dalam ruangan.
  6. Setelah itu barulah baterai bisa kita pasang kembali pada ponsel dan dilakukan pengisian selama 8 jam hingga cell-nya kembali terisi penuh namun ponsel tersebut harus dalam keadaan mati. Ini bertujuan aga daya dari listrik benar-benar masuk ke dalam baterai.
  7. Langkah terakhir apabila baterai sudah penuh maka ponsel kita bisa coba dinyalakan dan buktikan perubahan yang terjadi. Ponsel anda akan mampu bertahan lebih lama.

Baca Juga : Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Rekomendasi SinyalTech

Setelah melakukan cara mengatasi baterai hp bocor di atas, berikutnya yang harus anda perhatikan adalah :

  1. Mengatur tingkat kecerahan layar agar beban baterai tidak terlalu berat.
  2. Mematikan semua konektivitas apabia sedang tidak digunakan, misalnya wifi atau bluetooth.
  3. Mematikan lampu LED pada ponsel smartphone.
  4. Menginstal aplikasi tambahan untuk penghemat daya.
  5. Biasakan untuk mengecas baterai dalam keadaan mati.

    Aplikasi Manager Daya

    Aplikasi Manager Daya – Cara Mengatasi Baterai HP Bocor

Lantas apakah cara mengatasi baterai hp bocor seperti di atas bisa menjamin baterai bisa bertahan seperti semula?

Ya, berdasarkan pengamatan tim SinyalTech dari hasil yang dilakukan memang bisa membuat baterai bisa bertahan lebih lama, namun di sini bukan berarti baterai tersebut memiliki ketahanan seperti baterai-baterai yang masih baru. Hanya saja kemampuan dari baterai dalam mempertahankan daya di dalamnya menjadi lebih kuat sehingga baterai tidak mudah habis ketika digunakan. Sementara itu hal-hal yang perlu kita perhatikan sepeti di atas juga memiliki efek dalam membuat baterai lebih awet.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga ketahanan baterai?

Seperti yang kita tahu baterai memang merupakan komponen penting pada ponsel yang menyuplai kebutuhan daya agar ponsel tetap bisa menyala. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan penggunaan dari ponsel itu sendiri, misalnya kita terkadang lupa waktu apabila sudah bermain game yang digemari, alhasil lama kelamaan baterai kita mudah sekali habis. Begitu juga kebiasaan kita melihat video secara streaming, demikian ini tentu bisa melemahkan daya simpan dari baterai itu sendiri. Jadi pada intinya kita harus menjadi pengguna ponsel yang bijak, dengan demikian kita bisa membatasi penggunaan aplikasi atau aktivitas yang sekiranya akan berdampak pada melemahnya kemampuan baterai yang ada.

Untuk melakukan kalibrasi baterai ponsel android silahkan coba unduh aplikasi Battery Calibration.

Atau menggunakan cara kalibrasi baterai android supaya jadi hemat.

Itulah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi baterai hp bocor atau cepat habis. Diharapkan dengan menerapkan dan memperhatikan tips di atas, keluhan anda mengenai baterai yang cepat habis atau baterai yang cepat panas bisa segera tertangani oleh penggunaan dan penanganan yang tepat. Apabila kalian memiliki pertanyaan bisa bertanya pada halaman komentar. Semoga bermanfaat ^.^ !

Baca Juga :
Cara Mengatasi Baterai HP Bocor Pada Smartphone, Penting!! | Fiscias Play | 4.5