Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air (Work 100%)

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air – Android kita nyemplung ke air? pastinya itu tidak akan disengaja. Kecuali hp kita memiliki sertifikat IP67 yang berarti hp tersebut anti air selama 30 menit di kedalaman 1 meter.

Mungkin Hp sekelas Sony mempunyai sertifikat tersebut, namun bagaimana dengan hp android lain??? jelas hp terkena air langsung akan mati.

Mungkin kalau hanya cipratan hanya terkena luarnya saja tidak sampai kedalam tidak begitu masalah. Tetapi jika sampai nyemplung dan terendam, maka komponen yang ada di dalamnya juga akan kemasukan air.

Nah komponen tersebut yang akan menyebabkan beberapa kerusakan jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

Lubang menuju komponen yang sangat rentan adalah lcd, speaker, sim card ataupun mmc card. Jika kamu perhatikan LCD yang terkena air akan mengembun dan itu akan mempengaruhi touch jika hp tersebut berhasil hidup.

Kasus lain adalah speaker yang mati entah intu output speaker ataupun speaker mic sehingga kita harus menggunakan headset untuk mendengarkan bahkan pada saat menelpon, ribet banget kan…

Slot sim atau mmc card juga kadang tidak berfungsi jika sudah terjadi kontak atau konslet terhadap air tersebut.

Semua yang saya bahas diatas adalah komponen-komponem yang sangat mudah sekali rusak jika terkena air. Dan biayanya sangat mahal jika kita mau menggantinya khususnya LCD bisa ratusan ribu.

Oleh karena itu saya akan mencoba memberikan langkah-langkah yang tepat penanganan hp yang terkena air agar bisa normal kembali digunakan.

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air Berhasil 100%

Lepas Baterai, SIM dan MMC card
3 komponen ini adalah komponen penambahan artinya adalah yang bisa dilepas oleh tangan kosong dan memang sudah ada slotnya.

Terutama baterai yang jika tidak segera dibuka akan terjadi konslet jika logam arus baterai terendam air begitu lama. Jadi sesegera mungkin jika hp masih hidup langsung matikan dan buka ke 3 komponen tersebut.

Bongkar Casing Atau Kerangka
Ini sifatnya wajib, apalagi kalau hp tersebut terendam lama. Bagi kamu yang hpnya masih segel, harus dibuka mau tidak mau.

Buka baut menggunakan obenga dibagian casing dalam atau kerangka dan lepaskan juga casing layar sehingga LCD yang menempel di kerangka akan terbuka dan terkena angin.

Pastikan LCD Bersih dari Air
Kamu harus langsung ngelap LCD yang terkena air, karena jika ini rusak maka biayanya akan sangat mahal seperti yang saya jelaskan diatas.

Pengeringan Total
Semua yang dibongkar tadi sesegera mungkin dikeringkan. Ada beberapa cara pengeringan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp android yang terkena air :

  • Mengeringkan dibawah terik matahari. Ini adalah cara yang paling mudah namun tidak boleh juga terlalu lama takutnya panas yang berlebihan bisa tambah merusak komponen di dalamnya.
  • Dianginkan menggunakan kipas angin. Cara ini safety sekali dan sangat aman, saya merekomendasikan ini.
  • Menggunakan Hair Dryer. Beberapa konter servis hp menggunakan ini untuk lebih mempercepat proses pengeringan.
  • Direndam dalam beras. Beras disini memiliki fungsi menyerap air dan mengurangi kelembaban yang ada disela-sela ponsel.

    cara mengatasi hp terkena air direndam beras

    Hp direndam beras

Rakit Hp Kembali
Setelah benar-benar kering, rakit kembali Hp dengan benar. Coba masukkan semua mmc dan juga sim card. Coba nyalakan, seharusnya hp akan nyala normal.

Jika setelah kamu rakit hp menjadi lemot coba baca 8 Cara mengatasi Hp Android Lemot

Yup benar hp akan menyala normal dengan catatan :

  • Penanganan kamu cepat. Jadi air tidak sempat membuat konslet beberapa komponen yang rawan.
  • Proses pengeringan yang benar.
  • Perakitan yang benar.

Dalam kasus seperti ini kebanyakan hp akan menyala lagi dengan normal. Jika LCDnya terlanjur kena makan akan keluar warna blank dan itu harus diganti.

Coba cek juga speaker dan mmc slot. Cek apakah mmc terbaca untuk memastikan slotnya berfungsi atau tidak.

Untuk speaker dan LCD itu masih bisa diganti, tapi jika daleman yang lain saya tidak merekomendasikan untuk menggantinya karena pasti lambat laun akan rusak kembali.

Jadi saya sarankan jika terkena hardware dalam, mungkin lebih baik beli hp yang baru. Dan sekaligus memberi pelajaran kita untuk hati-hati dalam membawa hp khususnya di kamar mandi.

Okey itulah artikel tentangĀ Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air yang bisa SinyalTech bahas. Jika bermanfaat silahkan share keteman kamu. Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :
Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Air (Work 100%) | Fiscias Play | 4.5