Cara Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (Bloatware) Tanpa Root dengan Mudah

Membeli suatu smartphone android merk apapun termasuk Xiaomi pasti akan disertai berbagai aplikasi bawaan. Namun banyaknya bloatware tersebut justru dirasa sangat mengganggu. Apalagi aplikasi yang bersangkutan tidak pernah dipakai sehingga malah membuat konsumsi RAM dan memori membengkak. Permasalahannya ialah untuk menghapusnya tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Anda perlu mengetahui pemahaman lebih mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (bloatware) tanpa root.

Dua Cara Mudah Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (Bloatware) Tanpa Root

Adanya aplikasi bawaan memang terkadang bikin penggunanya kesal. Apalagi ada beberapa bloatware yang sering menampilkan iklan. Jelas sangat mengganggu performa ponsel Anda. Sebenarnya sudah sangat banyak ditemukan cara menangani permasalahan tersebut. Ada di antaranya harus meroot Xiaomi Anda terlebih dahulu. Cara tersebut ampuh namun terkesan sulit dan kalau gagal malah membahayakan handphone Anda. Maka dari itu, di bawah ini akan ditampilkan dua cara menghapus aplikasi bawaan tanpa harus root terlebih dahulu.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga CCLeaner

  1. Unduh Aplikasi CCleaner

Menghilangkan aplikasi bawaan tanpa root bukan berarti Anda dapat langsung menghapus bloatware tersebut. Dibutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk memudahkan proses menghapusnya. Nah aplikasi CCleaner dapat melakukan hal tersebut

Saat ini aplikasi CCleaner mudah sekali ditemukan. Anda dapat menemukannya melalui Play Store. Mendownloadnya melalui web browser seperti chrome, opera mini, dan lainnya juga dapat dijadikan solusi.

Download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.piriform.ccleaner

  1. Masuk ke Aplikasi tersebut

Setelah sukses mengunduh CCleaner, maka langkah selanjutnya yakni dengan membuka aplikasi tersebut. Kemudian tap menu yang terletak di pojok kiri atas dengan gambar pola garis tiga. Setelah itu akan tersedia beragam pilihan yang disajikan aplikasi yang juga tersedia untuk versi PC tersebut.

  1. Klik Pilihan Pengelola Sistem atau App Manager

Ketika disajikan bermacam-macam pilihan di aplikasi yang bersangkutan, maka pilihlah pengelola sistem atau App Manager dan klik opsi tersebut. Tunggulah sejenak karena biasanya terjadi pengecekan memori penyimpanan terlebih dahulu. Namun itu tidak akan berlangsung lama.

  1. Cari Aplikasi yang hendak ingin dihapus

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (bloatware) tanpa root selanjutnya di menu pengelola aplikasi, ada setidaknya tiga menu penyimpanan yang akan terlihat. Sedangkan aplikasi bawaan umumnya terletak di menu sistem. Tap menu tersebut lalu cari aplikasi yang benar-benar ingin Anda hapus.

  1. Hapus Aplikasi tersebut

Setelah menemukan bloatware yang dirasa menghambat performa Xiaomi Anda maka tahap selanjutnya ialah memberi tanda centang aplikasi tersebut kemudian klik hapus / Uninstall. Sebelum benar-benar terhapus biasanya akan ada konfirmasi ulang. Anda hanya perlu mengklik teruskan maka aplikasi tersebut sudah secara resmi terhapus.

Menonaktifkan Fungsi Aplikasi Bawaan :

  1. Masuk ke Aplikasi Play Store

Kehadiran Play Store lagi-lagi sangat membantu dalam proses penghapusan maupun penon aktifkan bloatware yang dirasa menghambat performa Xiaomi Anda. Nah langkah pertamanya yakni dengan membuka aplikasi tersebut.

  1. Tap Menu Bantuan & Masukan atau Feedback & Help

Setelah berhasil memasuki play store, maka tahap berikutnya Anda klik Menu terlebih dahulu menu yang terletak di pojok kiri atas setelah itu tap menu bantuan dan masukan atau dalam bahasa inggris adalah tulisan “Help & Feedback”.

  1. Klik Lihat Semua Artikel dan Pilih Tulisan Hapus aplikasi

Sesaat setelah memasuki menu bantuan tersebut selanjutnya Anda akan ditawarkan berbagai pilihan yang tersedia. Namun kliklah lihat semua artikel atau Browser all Articles maka setelah itu akan muncul beragam pilihan lainnya yang tak kalah banyak. Temukan menu yang tertulis menonaktifkan atau menghapus aplikasi atau dalam bahasa inggris Uninstall , Disable and Delete Apps dan kemudian tap menu tersebut.

  1. Terakhir, nonaktifkan aplikasi tersebut

Setelah itu Anda juga harus memilih dengan menu yang bertuliskan tap membuka setelan aplikasi. Maka Anda akan melihat beragam aplikasi bawaan di Xiaomi Anda. Setelah itu, pilih yang dirasa mengganggu kinerja smartphone Anda lalu klik nonaktifkan atau disable aplikasi tersebut. Maka bloatware tersebut tidak akan bekerja lagi.

Itulah dua cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (bloatware) tanpa root terlebih dahulu. Umumnya kedua cara tersebut berbeda karena cara pertama benar-benar menghapus aplikasi tersebut, sedangkan yang kedua hanya menonaktifkan fungsi kerjanya. Namun, cara tersebut sangatlah mudah karena Anda tidak harus root terlebih dahulu.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (Bloatware) Tanpa Root dengan Mudah | Fiscias Play | 4.5