Cara Mudah Flash Xiaomi Dengan MiFlash Tool Terbaru

Anda yang menggunakan ponsel Xiaomi pastinya tak asing lagi dengan istilah flashing bukan? Jika berbicara mengenai flash, maka MiFans tak akan melupakan aplikasi bawaan dari smartphone ini. Ya, MiFlash. MiFlash merupakan aplikasi yang berguna untuk flashing. Aplikasi ini hanya tersedia di ponsel Xiaomi yang telah mendukung chipset Snapdragon.

Apa Itu MiFlash?

MiFlash adalah sebuah aplikasi dari Xiaomi yang dibuat untuk membantu pengguna Smartphone xiaomi melakukan Flashing. Aplikasi bawaan Xiaomi ini mempunyai dua jenis yakni MiFlash Beta bagi 32bit dan MiFlash 64bit. Untuk Anda MiFans yang masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan aplikasi flashing ini, tenang saja. Dibawah ini akan dijelaskan cara mudah Flash Xiaomi dengan MiFlash terbaru yang sangat efektif.

Cara Mudah dan Cepat Flash Xiaomi Dengan MiFlash Terbaru

Anda yang menggunakan smartphone Xiaomi dapat memanfaatkan aplikasi MiFlash untuk flashing ponsel Anda. Seringkali Anda merasa kesal karena ponsel kesayangan tiba-tiba hang atau bootloop. Ingin membawa ke ahlinya, namun kantong tak mencukupi.

Baca Juga : Mengatasi HP Yang Bootloop

Jangan khawatir, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Aplikasi ini tentunya sangat berguna jika ponsel sedang bootloop. Daripada membawanya ke tukang servis hape, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, dengan bimbingan tulisan ini. Sebelum mulai tutorial flashnya, Anda perlu menyiapkan beberapa hal atau tools antara lain sebagai berikut:

1. Download Aplikasi MiFlash

Ini adalah syarat utama dalam flashing menggunakan MiFlash. Anda perlu mengunduh aplikasi MiFlash beta 32 bit atau MiFlash 64 bit yang paling baru. Sesuaikan dengan bit windows yang Anda miliki terlebih dahulu. Apabila itu Windows 32 bit, maka downloadlah aplikasi MiFlash 32 bit. Sama dengan sebaliknya, jika Windows Anda 64 bit, unduh saja MiFlash yang 64bit.

silahkan download : Download MiFlash Tool 64 Bit

atau

silahkan download : Download MiFlash Tool 32 Bit

2. Mi PC Suite

Setelah itu file yang selanjutnya Anda download adalah Mi PC Suite. Unduhan ini berfungsi untuk driver Xiaomi Anda. Dua hal ini sangat penting dan wajib Anda lakukan.

3. Siapkan Kabel USB

Lalu Anda perlu menyiapkan kabel USB. Pastikan menggunakan kabel USB yang ori atau asli. Penggunaan USB yang asli memungkinkan flashing Anda berjalan dengan lancar dan tak merusak PC maupun ponsel.

4. Mematikan / Disable Sistem Driver Signature Enforcement

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu mematikan sistem Driver Signature Enforcement sebelum dapat melakukan flashing. Namun, hal ini hanya berlaku di Windows 64 bit. Jika Anda menggunakan Windows 32 bit, tak perlu lakukan tahap ini. Cara Disable Sistem Driver Signature ada pada tulisan Tutorial Cara Disable Sistem Driver Signature

5. Download ROM Fastboot

Selanjutnya Anda perlu mengunduh ROM Fastboot. Pengunduhan ROM Fastboot ini harus disesuaikan dengan tipe smartphone Xiaomi Anda. Sebelum mengunduh, Anda harus memastikan jika ROM Fastboot yang didownload ekstensinya .TGZ, bukannya .ZIP. Apabila Anda mengunduhnya melalui IDM, ekstensinya pasti berubah menjadi .TAR. Maka dari itu, Anda perlu mengubah formatnya dengan mengganti namanya. Dengan Cara anda klik kanan pada ROM Fastboot yang telah berhasil didownload tadi kemudian renamedan ubah .TAR menjadi .TGZ.

silahkan download : Download ROM Xiaomi Sesuai HP Anda

6. Siapkan Baterai diatas 90%

Pastikan baterai HP anda terisi paling tidak 90%, karena nanti akan ada proses panjang yang memerlukan daya tahan baterai yang lama, kalau di flashing sambil di cas nantinya takut merusak baterai HP anda!

Setelah tools sudah, sekarang lanjut flashing!

Setelah semua tools yang dibutuhkan telah terkumpul, ikuti petunjuk cara mudah Flash Xiaomi dengan MiFlash terbaru ini dengan teliti. Jangan sampai melewatkan satu langkahpun karena dapat dipastikan proses flashing Anda akan gagal. Kegagalan tersebut mungkin saja berakibat fatal bagi ponsel dan mengharuskan Anda membawanya ke orang yang ahli di bidangnya.

1. Tahap pertama dari flashing menggunakan MiFlash ini adalah dengan restart PC Anda.

2. Setelah PC direstart, maka Anda bisa menginstall MiFlash dan Mi PC Suite yang sudah di download sebelumnya.

3. Ekstrak ROM Fastboot, setelah itu Anda dapat mengekstrak ROM Fastboot dengan klik kanan dan pilih extract here. Apabila pilihan tersebut tak ada, maka Anda perlu mengunduh 7zip atau Winrar dulu dan pindah hasil ekstrakan ke Drive C.

4. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan USB Debugging Xiaomi Anda. Jika Anda belum tahu, untuk mengakesnya silahkan masuk ke Buka Menu Settings → About phone kemudian anda bisa lihat pada kolom MIUI version silahkan ketuk 5-10 kali sampai muncul pesan “You have developer option”.

Lalu setelah itu anda kembali ke layar utama pada menu Settings lalu kemudian pilih Additional settings dan lalu kemudian anda Pilih Developer options. Lalu kemudian anda aktifkan fitur USB Debugging (dalam bahasa inggris) atau Opsi Pengembangan (dalam bahasa Indonesia) dan juga OEM unlocking. Jika pada ponsel Xiaomi Anda ternyata tidak terdapat fitur OEM unlocking, maka anda cukup aktifkan USB Debugging saja. Lalu setelah itu tancapkan USB Cable yang sudah disiapkan sebelumnya ke ponsel dan juga pada komputer Anda, jika muncul pesan “Allow USB Debugging” atau “Ingat” di layar ponsel maka tinggal klik OK saja.

5. Langkah selanjutnya adalah dengan Masuk ke EDL (download mode) dengan cara sebagai berikut :

  • Matikan ponsel Xiaominya.
  • Saat sedang mati, tekan tombol volume up dan tombol power selama beberapa saat sampai muncul menu. Silahkan pilih download di menu tersebut.
  • Apabila ponsel Anda menampilkan layar hitam itu tandanya Anda berhasil melakukan EDL mode.

6. Anda sekarang mulai dapat menjalankan MiFlash yang sudah terinstall, lalu tekan browse. Arahkanlah ke                ROM Fastboot tadi dan pilih folder Images. 

7. Selanjutnya sambungkan ponsel Xiaomi Anda dengan PC menggunakan USB yang telah disiapkan. Tekan pilihan refresh di menu MiFlash. Apabila muncul tulisan  COMXX itu berarti Anda telah siap untuk flash ponsel Anda. Namun jika tak keluar maka EDL Mode yang Anda lakukan tadi belum berhasil. XX tadi berupa angka. Bisa satu atau dua digit.

Tekanlah Clear All atau Flash All di sisi bawah MiFlash. Pilihan tersebut akan menghilangkan semua internal smartphone yang Anda pakai. Setelah itu, pilihlah Flash di MiFlash tersebut dan tunggu hingga proses flashing selesai. Durasi normalnya maksimal 10 menit. Jika telah selesai, maka akan muncul tulisan Flash Success. Jika sudah selesai maka Anda dapat menyalakan ponselnya.

8. Nyalakan ponsel anda, namun sebelum menyalakan ponsel Anda, cabut terlebih dahulu kabel USB. Lalu nyalakan dengan menahan power button selama beberapa saat / agak lama.

9. Proses ini mungkin akan sedikit lama, namun hanya awalnya saja. Selanjutnya ponsel akan berjalan dengan normal. Jika sudah menyala, maka itu tandanya proses flashing sukses. Anda berhasil menyelesaikannya.

10. Selesai

Cara mudah Flash Xiaomi dengan MiFlash terbaru ini cukup efektif, sebenarnya ada 2 cara lainnya, namun cara ini yang paling muda, jelas dan efektif.

Selain itu, tutorial ini bisa diterapkan di hampir semua jenis smartphone Xiaomi berchipset Snapdragon. Apabila chipset Xiaomi Anda berjenis mediatek, maka Anda dapat mencoba flashing dengan flash tool. Sekali lagi proses ini memiliki resiko masing-masing. Anda bisa melakukannya jika sudah yakin, bukan hanya sekadar coba-coba karena jika rusak, tak ada yang bertanggungjawab. Namun jika Anda mengikuti semua tahapnya dengan telaten dan benar, maka kesalahan hampir tak mungkin terjadi.

Cara Mudah Flash Xiaomi Dengan MiFlash Tool Terbaru | Fiscias Play | 4.5