Cara Root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC Terbaru 100% Berhasil

Oppo Neo 9 A37F merupakan smartphone keluaran Oppo pada pertengahan 2016. Smartphone ini menjadi salah satu incaran pecinta gadget karena harga dan kualitas yang ditawarkan. Smartphone ini berjalan pada android Lollipop dengan spesifikasi CPU Snapdragon 410 Quad-core 1,2 GHz dengan ram sebesar 2 GB,  dan kamera beresolusi 8 MP dan 5 MP. Apabila Anda pengguna smartphone ini dan ingin melakukan root dikarenakan beberapa alasan, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu cara root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC Terbaru.

Hal yang Harus Diperhatikan dan Beberapa Cara yang Dapat Anda Coba untuk Melakukan Root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC

Root merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mendapatkan akses penuh pada sebuah sistem operasi, disini yang dimaksud adalah Android. Anda bisa melakukan apapun di smartphone setelah melewati beberapa proses root. Namun, untuk melakukan root pada smartphone bukanlah perkara mudah. Anda tentunya harus memahami sistem-sistem yang ada pada Android dan mengerti cara root. Apabila sampai salah langkah, proses root tersebut malah dapat merusak/membahayakan smartphone Anda.

Ada hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan root pada Hp Anda. Hp yang sudah di root akan mengalami beberapa hal dan kemungkinan untuk:

  1. Garansi Tidak Berlaku

Hal ini benar adanya karena vendor tidak mau melayani smartphone yang sistemnya telah diubah oleh penggunanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan root saat masa garansi dari smartphone telah habis.

  1. Keamanan yang Berkurang

Karena firewall Hp yang sudah diroot akan terbuka terus, maka sangat memungkinkan segala macam virus atau yang lainnya untuk masuk. Untuk menanggulanginya, Anda dapat menginstall anti virus.

  1. Performa Menurun

Proses penambahan sistem dari luar disebut tweaking. Terkadang ada tweak yang tidak cocok pada smartphone Anda sehingga menyebabkan penurunan performa.

  1. Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara Langsung

Hal ini terjadi karena saat proses root, akan ada sistem bawaan pada smartphone yang ikut terhapus. Sehingga Anda harus menemukan cara lain untuk mengupdate sistem operasi.

Namun, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan jika proses root berhasil dilakukan. Keuntungan itu seperti bisa menghapus aplikasi bawaan, backup dan restore aplikasi, menghindari wakelock, control kernel &CPU, dan yang terakhir mengedit build.prof. Sebelum melakukan root, pastikan bahwa internet aktif dan baterai pada Hp Anda setidaknya 50% dan untuk amannya 75%, hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan proses root terhenti di tengah jalan. Berikut beberapa cara root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC Terbaru.

  1. Melakukan Downgrade Oppo Neo 9 A37F ke Versi Lama

Hp Oppo Neo 9 A37F sangat sulit untuk diroot jika frimwarenya sudah terbarukan. Oleh karena itu, jika Anda terlanjur mengupgradenya terpaksa harus melakukan downgrade ke versi yang lebih lama terlebih dahulu. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Mendownload terlebih dahulu firmware Oppo Neo 9 A37F dan simpan pada memori penyimpanan. Ukuran firmwarenya kira-kira 1,3 GB.
  • Kemudian matikan Hp Anda dan masuk ke bagian ColorOS Recovery dengan cara menekan kombinasi tombol Volume Down + Power.
  • Setelah itu pilih Wipe Data and Cache dan pilih Wipe Data and Cache.
  • Selanjutnya pilih Install from SD, file yang didownload akan berbentuk .zip.
  • Install file yang telah didownload dan proses flash akan berlangsung setelahnya kira-kira 5 menit.
  • Apabila berhasil, Hp Oppo Neo 9 A37F Anda akan restart dengan sendirinya.
  1. Root Hp Oppo Neo 9 A37F menggunakan aplikasi KingRoot

Setelah sukses melakukan downgrade, langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi KingRoot. Perlu diingat, KingRoot yang digunakan haruslah yang versi 5.0 atau yang lebih tinggi karena proses root hanya akan berhasil jika menggunakan versi tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi KingRoot terlebih dahulu
  • Setelah didownload, install aplikasi tersebut
  • Apabila muncul tulisan “Installation Blocked”/“Pemasangan Dicekal” atau sejenisnya, Anda harus mengubah setelan keamanan terlebih dahulu. Buka setelan > keamanan > dan aktifkan “Sumber Tidak Diketahui” > Klik Ok.
  • Kemudian apabila muncul peringatan instalasi lainnya, klik saja “Install Anyway (Unsave)” untuk memaksanya melakukan penginstalan.
  • Selanjutnya buka aplikasi KingRoot yang telah terinstall.
  • Pada tampilan awal, pilih “Start Root” atau “Try it” untuk memulai proses root. Proses ini berlangsung sekitar 3 sampai 5 menit. Tunggu proses sampai selesai
  • Jika sudah selesai, akan muncul tulisan “Root Berhasil” dan tidak lama kemudian Hp Anda akan reboot dengan sendirinya yang menandakan bahwa root berhasil dilakukan.

Cara cek Hp Anda berhasil diroot atau tidak menggunakan aplikasi Root Checker:

  • Download aplikasi Root Checker.
  • Melakukan instalasi aplikasi yang telah didownload dan tunggu sampai selesai.
  • Selanjutnya buka aplikasi Root Checker yang sudah terinstal pada perangkat Anda.
  • Kemudian pada tampilan awal pilih menu “Verify Root” .
  • Apabila muncul pop up Kinguser ataupun semacamnya, pilih “Izinkan”.
  • Setelahnya akan muncul keterangan apakah Hp Anda berhasil diroot atau tidak. Apabila berhasil akan muncul tulisan “Congratulations! Root Access is properly installed on this device”. Sedangkan jika gagal akan bertuliskan “Sorry! Root Access is not properly installed on this device”.

Sebelum melakukan root, pertimbangkan tujuan dan kepentingan Anda. Karena resiko yang terjadi nantinya merupakan tanggung jawab Anda. Mintalah bantuan kepada teman atau orang yang sudah ahli. Demikian artikel mengenai cara root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC Terbaru. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Root Hp Oppo Neo 9 A37F Tanpa PC Terbaru 100% Berhasil | Fiscias Play | 4.5