Cara Root Smartfren G2 Dengan Mudah Dan Aman

Cara Root Smartfren G2 –  Sistem operasi android sepertinya memang menjadi idola bagi para pecinta ponsel di tanah air. Selain beberapa merek ponsel terkenal lainnya, Smartfren kini hadir dengan berbagai pilihan tipe ponsel berbasis yang tidak kalah dalam bersaing di pasaran. Adapun salah satunya tipe smartfren andromax G2 yang bisa dibilang aduhai dengan dukungan OS Android. Meskipun hanya memiliki RAM 512 MB, kamu bisa menambahkan RAM virtual untuk bisa lebih meningkatkan performa smartfren G2 ke tahap yang lebih maksimal hanya dengan cara melakukan root.Cara Root Smartfren G2

Cara root smartfren G2 memang ada banyak, dalam hal ini tergantung kita sebagai pengguna untuk memilih cara mana yang lebih mudah dan gampang untutk dilakukan. Dengan melakukan root kita bisa melakukan apa saja dengan ponsel kita, karena kita telah memiliki hak akses tertinggi sebagai super user. Selain itu untuk melakukan root pada posel smartfren G2 juga terbilang mudah. Bagaimana caranya? Langsung saja kamu simak beberapa cara root smartfren G2 di bawah ini.

Berikut Cara Root Smartfren G2 Dengan Aman

Untuk dapat melakukan root pada smartfren G2, kita harus melakukan beberapa langkah yang terbilang cukup panjang. Adapun setiap langkah ini nanti akan berkaitan dengan langkah berikutnya, oleh karena itu pastikan cara root smartfren G2 yang kamu lakukan urut sesuai dengan langkah berikut.

  • Pertama yang harus kita lakukan adalah dengan masuk ke Stock Recovery smartfren andromax G2 dengan cara mematikan ponsel tersebut, kemudian tekan atau pencet tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan. Kita tahan terus kedua tombol tersebut sampai kita bisa masuk ke Stock Recovery bawaan Smartfren G2. Untuk kasus lain, pada ROM KitKat kita baru bisa masuk ke Stock Recovery dengan menekan kedua tombol tersebut terus menerus sampai mucul logo smartfren baru di lepas.
  • Langkah selanjutnya kita perhatikan di menu stock recovery, apakah disana terdapat 2 pilihan menu atau sudah terdapat 5 pilihan menu. Namun secara umum akan ada dua pilihan opsi yakni wipe data dan reboot sehingga kita belum bisa melakukan penginstallan CWM. Jadi yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah dengan menambah menu pada stock recoveri sehingga nantinya akan ada lima pilihan. Adapun cara menambahkan menu tersebut akan kita bahas setelah langkah berikut ini.
  • Dengan dua pilihan wipe data dan reboot , kita pilih reboot dengan cara menekan tombol volume ke atas ataupun ke bawah.
  • Maka ponsel smartfren andromax g2 akan kembali ke layar utamacwm

Baca juga : Cara Menjadikan HP Android Menjadi Remote Dengan Mudah

Sampai sini yang harus kita lakukan adalah menambahkan menu pada stock recovery terlebih dahulu, dengan begitu kita bisa menginstal CWM. Adapun caranya :

  • Untuk menambahkan menu di stock recovery, kita bisa menginstal aplikasi App Root Explorer dan juga mendownload file !ad681h!.l dan #ad681h#.d
  • Setelah sukses menginstal App Root Explorer, kemudian kita pindahkan kedua file !ad681h!.l dan #ad681h#.d ke dalam memori eksternal terluar ponsel agar lebih mudah untuk diakses.
  • Selanjutnya kita kembali ulangi langkah masuk ke stock recovery dan pastikan di sana yang semula hanya terdapat 2 pilihan sekarang sudah bertambah sehingga menjadi 5 pilihan.
  • Namun apabila di menu stock recovery masih tetap hanya ada 2 pilihan, pastikan lagi bahwa kedua file yang kita copy kan tadi benar-benar berada di memori eksternal terluar. Bahkan pada beberapa kasus ada yang sampai mengganti memori eksternal untuk berhasil.

Baca juga : Kelebihan Android Marsmallow 6.0 dengan Fitur Super Canggih

Info :

CWM atau ClockWorkMod merupakan modifikasi dari recovery mode yang memiliki fungsi sangat penting terkait sistem operasi android. Tanpa menggunakan mode CWM ini kita tidak bisa melakukan apa-apa meskipun sudah melakukan root pada ponsel, karena para pengguna biasa menggunakan mode ini untuk mengistall , Backup & Restore maupun meng-custom ROM dengan lebih mudah sesuai dengan keinginan.

Nah apabila sudah terdapat 5 pilihan pada menus tock recovery, berarti kita sudah bisa mulai untuk menginstal CWM via stock recovery yang nantinya akan kita gunakan untuk melakukan cara root smartfren G2 seperti langkah berikut :Root-Explorer

  • Kita bisa menggunakan aplikasi App Root Explorer untuk mengistal CWM dan kita download paketan Install_cwm.zip yang bisa kamu cari di google.
  • Kemudian kita ekstrak terlebih dahulu file berformat .zip tersebut dan kita pindahkan datanya ke memori eksternal ponsel di luar folder.
  • Langkah selanjutnya kita matikan ponsel smartfren andromax G2
  • Lalu kita tekan tombol volume + dan tombol power bersamaan agar kita bisa kembali masuk ke menu stock recovery.
  • Selanjutnya kita pilih menu update from SDCard
  • Lalu kita pilih instal_cwm.zip
  • Yang terakhir kita tekan Yes dan kita tunggu beberapa saat sampai proses selesai, maka secara otomatis ponsel akan melakukan reboot ke CWM tersebut.

Jika semua langkah pendukung sebelum telah sukses kita lakukan, sekarang barulah  kita bisa melakukan cara root smartfren G2 dengan aman dan mudah seperti di bawah ini :

  • Langkah pertama kita masuk ke mode CWM pada ponsel smartfren G2 seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Kemudian selanjutnya kita pilih Phiz Setting
  • Sampai sini barulah kita pilih Re-root
  • Lalu kita tekan back dan pilih Reboot untuk merestart ponsel
  • Pada tahap ini ponsel akan kembali ke layar utama
  • Kemudian kita download aplikasi App SuperSU dan kita instal diperangkat android
  • Apabila kamu menjumpai pilihan update binary, maka pilih saja normal
  • Nah, sampai sini akan terjadi proses root dan jika telah selesai ponsel akan melakukan Reboot

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai HP Android Jadi Hematroot-android-phone-without-Computer-root-checker-basic

Untuk memastikan apakah ponsel kamu sudah berhasil atau sukses melakukan root, sebenarnya kita bisa menggunakan aplikasi App Root Checker.  Jadi dengan menginstal dan menjalankan aplikasi tambahan terebut, apabila terdapat tampilan yang berisikan Congratulation maka cara root smartfren G2 telah berhasil. Adapun selain aplikasi App SuperSU, sebenarnya terdapat juga pilihan lain seperti King User dan banyak lainnya. Namun pada intinya kedua aplikasi tersebut sama-sama bisa membantu dan memudahkan kita dalam melakukan cara root smartfren andromax G2.

Bagaimana? Mudah bukan. Dengan menerapkan cara di atas kita sudah berhasil melakukan root pada ponsel sesuai yang kita inginkan. Tapi untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, ada baiknya kamu juga melakukan Backup ROM. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi Bootloop pada ponsel android maka kamu masih memiliki backup-an yang bisa digunakan kembali untuk merestore data yang sudah hilang. Semoga artikel sinyaltech kali ini bermanfaat!

Cara Root Smartfren G2 Dengan Mudah Dan Aman | Fiscias Play | 4.5