Coba Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop) Berikut Ini

Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop) yang akan mencoba melakukan proses Root, maka ulasan ini bisa menjadi solusi. Sebelum memulainya, tahukah Anda apa itu Root? Rooting merupakan proses yang dilakukan pemilik smartphone, tablet, dan sejenisnya yang memiliki sistem operasi Android untuk mengizinkan penambahan kontrol dari yang seharusnya. Perlu diketahui jika proses rooting akan dapat menghilangkan garansi, sistem update OTA dan juga memperbesar kemungkinan mudah terkena virus. Secara singkatnya Rooting ini memang memiliki efek yang tidak terlalu menyenangkan, namun Root banyak dipilih pengguna Android sebagai solusi untuk lebih leluasa mengendalikan smartphone mereka. Maka dari itu, cara root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop) ini bisa dilakukan jika Anda ingin memiliki kendali penuh pada smartphone Anda.

Inilah Cara Mudah Rooting Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H untuk OS Lollipop

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa Rooting smartphone Samsung berOS Lollipop ini lebih sulit dari sebelumnya. Pada pada sistem OS Kitkat, Anda mungkin bisa memakai CF-Autoroot, namun untuk OS Lollipop ini CF-Autoroot tak lagi banyak membantu. Yang ada ponsel Anda akan mengalami bootloop dan harus diflash lagi menggunakan odin. Akan tetapi jangan takut lagi. Masih ada dua cara root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop) yang terbukti ampuh menyelesaikan proses rooting Anda. Solusi pertama adalah dengan flash TWRP Odin dan solusi kedua adalah dengan memakai Kingo Root App. Untuk TWRP akan lebih baik jika melakukannya melalui PC, dan untuk Kingo Root App bisa dilakukan dengan ponsel saja. Untuk tutorial kali ini akan dijelaskan proses root melalui TWRP. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan perlengkapan

Untuk rooting melalui TWRP, Anda perlu mengunduh beberapa file penting seperti Odin V3.10.7, Super SU dapat di download diĀ https://www.4shared.com/zip/0vuOXMLvba/SM-G530H-SuperSU-v246.html, dan TWRP SM-G530H dapat di download di https://drive.google.com/file/d/0B41td9n4b4IaMVM2QjVQNFJmbGM/view. Anda akan dengan mudah menemukan link untuk mengunduh file-file tersebut di internet. Proses rooting ini dilakukan melalui komputer atau laptop. Kenapa menggunakan PC atau laptop? Karena hasilnya akan lebih bersih dan tingkat keberhasilannya akan lebih besar.

  1. Instal Samsung Driver

Jika semua bahan sudah terunduh, maka Anda harus menginstal Samsung Driver ke komputer atau laptop yang telah disediakan. Tunggu proses penginstalan hingga selesai. Jangan lupa untuk memindahkan file Super SU Zip ke external memory atau internal memory smartphone Anda.

  1. Mulai Proses Flash

Proses selanjutnya adalah flash TWRP ke Galaxy Prime Anda. Matikan terlebih dahulu ponsel Anda lalu tekanlah tombol power, home, dan volume down secara bersama selama beberapa saat. Tunggu hingga muncul peringatan di layar. Acuhkan peringatan itu dan tekan saja volume up agar bisa masuk ke mode download. Setelah itu Anda harus menyambungkan ponsel ke PC atau laptop menggunakan kabel data.

Jika sudah tersambung, maka bukalah file Odin yang sudah diunduh tadi. Periksa dulu bagian kiri atas tool di layar. Apabila bar berada di bawah dan berwarna biru muda, itu tandanya smartphone Anda sudah terbaca. Jika sudah seperti itu, maka klik saja tab option, lalu hapuslah semua pilihan disana. Pastikan tidak ada satupun opsi yang tercentang. Lalu pilih tombol CP di sisi kanan. Arahkanlah ke file TWRP tadi lalu buka.

Langkah selanjutnya adalah pilih tombol start untuk mulai proses flashing TWRP. Tunggu hingga Odin memunculkan notifikasi Pass yang menandakan berhasilnya tahap flashing. Setelah itu ambil Samsung Galaxy Prime SM-G530H Anda yang masih di mode download. Lepaskan USBnya dan matikan dengan cara melepas baterainya.

  1. Mulai Proses Rooting

Untuk proses rooting ini akan menggunakan Super SU yang telah Anda download sebelumnya. Hidupkan ponsel Anda ke Recovery Mode. Caranya adalah dengan menekan tombol home, volume up, dan power secara bersama. Kemudian masuklah ke menu TWRP, pilih instal, dan arahkanlah ke file Super SU. Jika sudah, geser ke kanan untuk memulai proses flashing zipnya. Tunggu proses rooting tersebut hingga benar-benar selesai. Apabila sudah selesai, maka beralihlah ke menu reboot to system. Selesai, smartphone Samsung Galaxy Prime SM-G530H telah di root.

Demikian sedikit informasi mengenai cara root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop). Untuk memastikan keberhasilannya, Anda bisa mengecek daftar aplikasinya. Jika ada aplikasi Super SU, itu berarti proses root berjalan dengan lancar.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Coba Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H (Lollipop) Berikut Ini | Fiscias Play | 4.5