Cara Instal Custom ROM Xiaomi EU di Semua Xiaomi (MOD MIUI) Tanpa Ribet

Xiaomi EU merupakan custom ROM based on MIUI yang telah hadir sejak tahun 2010. Custom ROM Xiaomi EU menawarkan berbagai keunggulan diantaranya yaitu memiliki daya tahan baterai dan performa yang  sangat baik. Selain itu, ROM Miui yang berasal dari official dapat menghabiskan banyak RAM karena terlalu berat sehingga tidak mampu memaksimalkan performa yang dimilikinya.

Oleh sebab itulah, banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan Custom ROM Xiaomi EU dibandingkan ROM Miui dari official. Banyak diantara mereka yang mulai meninggalkan ROM Miui resmi karena telah mengetahui cara instal custom ROM Xiaomi EU di semua Xiaomi (MOD MIUI).

Cara Instal Custom ROM Xiaomi EU di Semua Xiaomi (MOD MIUI) dengan Mudah dan Cepat

Pada awalnya Custom ROM Xiaomi EU diciptakan hanya untuk para pengguna yang tinggal di wilayah Eropa. Xiaomi EU merupakan custom ROM yang mengambil based build dari ROM MIUI China developer dan China stable sehingga memiliki berbagai macam keunggulan.

Baca Juga : cara mengubah jaringan

Sedangkan untuk kelemahannya hanya ada satu yaitu pada bagian bahasa. Dimana pada bagian tersebut tidak terdapat Bahasa Indonesia. Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh Custom ROM Xiaomi EU memang sangat menarik sehingga tidak heran jika banyak pengguna yang meninggalkan ROM Miui official. Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci cara instal custom ROM Xiaomi EU di semua Xiaomi (MOD MIUI).

  1. Pastikan Baterai Lebih dari 80%

Sebelum Anda memulai untuk menginstal custom ROM Xiaomi EU, hal yang harus dipastikan yaitu kondisi baterai lebih dari 80%. Jangan melanjutkan proses penginstalan Xiaomi EU jika kondisi baterai kurang dari 30%, sebaiknya Anda mengecasnya terlebih dahulu. Apabila Anda memaksa untuk melanjutkan padahal kondisi baterai kurang dari 30%, maka proses instal custom ROM Xiaomi EU bisa menuai kegagalan karena smartphone mati di tengah-tengah proses.

Baca Juga : ciri ciri batrai hp bocor

  1. Melakukan Backup Data

Sangat disarankan agar Anda melakukan backup data yang ada pada smartphone terlebih dahulu sebelum memulai proses penginstalan custom ROM Xiaomi EU.  Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan seperti hilangnya beberapa file yang ada pada smartphone Anda baik itu berupa dokumen, foto, video dan lain sebagainya.

  1. Melakukan Unlock Bootloader

Hal selanjutnya yang harus dilakukan sebagai bagian dari cara instal custom ROM Xiaomi EU di semua Xiaomi (MOD MIUI) yaitu melakukan unlock bootloader karena disini Anda akan mengganti ROM Miui official, cara paling mudah adalah di CARA UNLOCK BOOTLOADER. Proses instal Xiaomi EU tidak akan bisa dilakukan jika smartphone Xiaomi belum dilakukan unlock bootloader.

Terbaru: bagaimana cara mendownload lagu di hp

  1. Memasang Recovery TWRP

TWRP harus sudah terinstal pada smartphone Anda jika ingin melakukan penginstalan custom ROM Xiaomi EU. Hal tersebut dikarenakan proses penginstalan Xiaomi EU harus melalui TWRP.

  1. Mendownload Custom ROM Xiaomi EU

Anda dapat mendownload Custom ROM Xiaomi EU melalui Link Xiaomi EU dan memilih tulisan ROM Downloads. Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih file yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi yang Anda miliki. Anda harus cermat dalam melakukan pemilihan tersebut karena file yang telah di download tidak akan bisa digunakan pada tipe smartphone yang tidak sesuai.

Pada halaman ini Anda bisa memilih antara custom ROM stable updates atau weekly updates. Tidak hanya itu, Anda juga akan dihadapkan pada dua pilihan lain yaitu antara melakukan download secara manual melalui website atau dengan menggunakan OTA.

  1. Masuk ke TWRP

Untuk dapat masuk ke TWRP, Anda harus mematikan smartphone terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan volume up + power. Jika muncul recovery, maka pilihlah tulisan tersebut. Namun apabila yang muncul adalah pilihan antara warna hijau dan biru, maka pilihlah yang ada di sebelah kiri.

  1. Menginstal Custom ROM Xiaomi EU

Sekarang tibalah pada proses intinya yaitu melakukan penginstalan custom ROM Xiaomi EU. Untuk melanjutkan proses ini, terlebih dahulu Anda harus kembali pada menu awal TWRP dan kemudian akan muncul tulisan instal. Tekanlah tulisan instal tersebut hingga terbuka halaman untuk memilih file. Setelah itu, Anda harus mencari file custom ROM Xiaomi EU dan pilihlah file tersebut.

Lalu langkah selanjutnya adalah melakukan swipe ke sebelah kanan. Apabila setelah melakukan penginstalan ternyata Anda menggunakan USB OTG atau memori eksternal, maka bukalah select storage dan pilih media penyimpanan yang akan digunakan.

Jika semua langkah yang sebelumnya sudah dilakukan, berikutnya Anda hanya tinggal menunggu proses penginstalan custom ROM Xiaomi EU yang sedang berlangsung. Anda harus menunggu proses yang sedang berlangsung tersebut hingga dinyatakan selesai.

  1. Melakukan Reboot System

Hal yang harus dilakukan setelah proses penginstalan selesai dan dinyatakan berhasil yaitu Anda harus melakukan reboot system. Proses reboot yang dilakukan untuk pertama kalinya akan membutuhkan waktu minimal 5 menit dan maksimal 20 menit hingga proses tersebut benar-benar selesai. Apabila ketika reboot sedang berjalan tidak muncul tulisan Android pada bagian bawah layar, maka hal yang mungkin terjadi adalah smartphone Anda mengalami bootlop.

  1. Proses Penginstalan Custom ROM Xiaomi EU Selesai

Setelah reboot system selesai dilakukan dan disertai kemunculan tulisan Android pada bagian bawah layar, maka proses penginstalan custom ROM Xiaomi EU dinyatakan telah selesai sepenuhnya dan berhasil.

Untuk membuktikan bahwa cara instal custom ROM Xiaomi EU di semua Xiaomi (MOD MIUI) telah berhasil, maka Anda dapat masuk ke menu setting kemudian pilih about device. Pada halaman tersebut Anda dapat melihat MIUI Versi dan amatilah nomor versi yang tertera. Apabila nomor versi tersebut telah berubah dan terdapat suatu kode yang berbeda dari nomor versi sebelum dilakukan proses penginstalan custom ROM Xiaomi, maka itu berarti perubahan ROM yang Anda lakukan telah berhasil dilakukan.

Itulah penjelasan mengenai cara instal custom ROM Xiaomi EU di semua Xiaomi (MOD MIUI). Anda juga harus menginstal beberapa aplikasi untuk dapat melakukan penginstalan custom ROM Xiaomi EU. Jika Anda ingin berhasil melakukan custom ROM Xiaomi EU, maka semua tahapan yang telah dijelaskan harus dilakukan. Custom ROM Xiaomi EU sangat direkomendasikan bagi Anda yang senang bermain tema dan mengoprek smartphone. Namun, segala bentuk resiko yang terjadi harus Anda sendiri yang menanggungnya.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Instal Custom ROM Xiaomi EU di Semua Xiaomi (MOD MIUI) Tanpa Ribet | Fiscias Play | 4.5