Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Android Mudah dan Aman

Bagi para pecinta Android yang menyukai oprek handsetnya, pasti sudah tidak asing dengan USB debuging dan OEM Unlocking. USB Debugging merupakan fitur pada smartphone android yang di dalam sistemnya memiliki opsi akses debugging ke PC melalui kabel USB. Jadi kegunaan utama USB debugging adalah untuk menyalurkan data dari android ke PC atau Laptop. USB Debugging seringkali digunakan oleh developer maupun pengguna android kebanyakan untuk membantu tugas-tugas, seperti melakukan root, flashing custom atau stock ROM, custom recovery dan lain sebagainya.

Sedangkan OEM unlock merupakan singkatan dari peralatan unlocking asli dan pilihan menu yang ada untuk membatasi kemampuan Anda untuk flash gambar custom dan bypass bootloader. Dengan mengaktifkan unlocking OEM unlocking, dapat mencegah peragkat smartphone Anda dari kegagalan sistem software. Enable unlocking OEM juga bisa berfungsi menyelamatkan smartphone Anda dari brick atau mati total saat melakukan proses operasi sistem. cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock di android pun terbilang mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk dapat mengaktifkannya.

Langkah-langkah Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Smartphone Android

Pada dasarnya dalam mengaktifkan kedua mode ini (USB debugging dan OEM unlock) memiliki cara yang sama untuk semua sistem operasi android. Baik itu jenis andorid Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat atau bahkan android versi terlawas. Namun mungkin saja pada bagian tampilannya memiliki sedikit perbedaan. Berikut di uraikan cara mengaktifkan USB debugging pada smartphone android Anda.

  1. Pertama-tama buka aplikasi setting pada ponsel Anda.
  2. Pada menu setting, scroll ke bawah kemudian pilih menu “about phone”.
  3. Tap “Build Number”sebanyak 7 Kali hingga muncul notifikasi “You are now a developer” ataupun sejenisnya.
  4. Kembalilah pada menu setting, lalu scroll ke bawah lagi. Maka Anda akan menemukan menu baru yakni “developer option ataupun pilihan pengembang” kemudian pilih mene tersebut.
  5. Selanjutnya cari USB debugging (Mendebug USB), lalu pilih centang/ aktifkan/ enable untuk mengaktifkannya. Tunggu hingga terdapat notifikasi, kemudian pilih Ok.

Apabila Anda sudah melakukan cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock di android dengan benar, maka USB debugging pada smartphone android Anda sudah aktif. Sedangkan cara untuk mengaktifkan OEM unlock pada android di jelaskan dalam langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi setting pada ponsel Anda.
  2. Scroll atau turunkan menu ke bawah, kemudian pilih “about phone”.
  3. Tap “Build Number”sebanyak 7 Kali hingga muncul notifikasi “You are now a developer” ataupun semacamnya.
  4. Kembali ke menu setting, lalu scroll kebawah maka akan nampak menu baru yakni developer option (Pilihan pengembang), lalu pilih menu tersebut.
  5. Cari OEM unlocking, kemudian berikan tanda centang/ aktifkan/ enable. Tunggu hingga terdapat notifikasi keluar, kemudian pilih
  6. Selesai, sekarang OEM unlocking sudah dapat digunakan.

OEM Lock juga berfungsi untuk membuka atau menutup akses bootloader pada perangkat. Fungsi ini akan memberikan atau melarang akses kepada pengguna untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem operasi android, seperti memasang TWRP, rooting, flashing firmware dan sebagainya. Perlu diketahui, pada saat ingin melakukan kustomisasi dan posisi OEM Lock dalam keadaan terkunci (tidak aktif), maka prosesnya tidak akan berhasil dan bahkan bisa menyebabkan perangkat Bootlop atau rusak. Jadi, sebelum Anda melakukan kustomisasi, pastikan bahwa OEM Lock ini dalam keadaan Aktif.

Berikut tadi cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock di android Anda, cara tersebut merupakan salah satu dari berbagai cara yang ada. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengaktifkan USB dan OEM unlock pada ponsel Anda. Namun, perlu diketahui sebaiknya USB debugging Mode hanya diaktifkan pada saat dibutuhkan saja. Apabila proses root atau memasang Custom TWRP Recovery maupun melakukan penginstalan telah selesai, sebaiknya Anda menonaktifkan kembali opsi pengembang. Jika dibiarkannya dalam keadaan aktif terus menerus, maka akan memberikan kesempatan pada malware atau virus lainnya untuk lebih mudah menyusup ke perangkat android Anda untuk menyadap atau mencuri data-data penting.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Android Mudah dan Aman | Fiscias Play | 4.5