Ini Dia Cara Re-Lock Bootloader Xiaomi dengan ADB yang Mudah

Bagi Anda yang pernah melakukan unlock bootloader pada ponsel Xiaomi, maka Anda juga bisa melakukan re-lock bootloader dengan perangkat aplikasi yang tidak terlalu ribet. Untuk melakukan proses re-lock ini, Anda dapat melakukan cara re-lock bootloader Xiaomi dengan ADB yang menggunakan aplikasi fastboot dan minimal ADB.

Sistem bootloader yang ada dalam fitur ponsel Xiaomi ini pada dasarnya berfungsi untuk sistem keamanan dan pencegahan dari produk palsu masuk ke dalam ponsel. Namun karena keamanannya, banyak pengguna yang mengeluh karena sulit melakukan unlock bootloader. Namun setelah berhasil di unlock, tak sedikit juga pengguna yang ingin mengunci kembali bootloade untuk berbagai tujuan.

Tutorial dan Cara Re-Lock Bootloader Xiaomi dengan ADB

Untuk dapat melakukan re-lock bootloader Anda tidak perlu menggunakan aplikasi MiFlash unlock, cukup saja gunakan aplikasi “minimal ADB” dan Fastboot. Sebelum melakukan langkah-langkahnya, terdapat bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu unduh aplikasi minimal ADB and fastboot kemudian install pada pc atau laptop yang Anda gunakan. Aplikasi ini kompatibel dengan windows 64 bit ataupun winsows 32 bit. Setelah aplikasi Minimal ADB and fastboot terpasang, lakukan tutorial dan cara re-lock bootloader Xiaomi dengan ADB seperti berikut ini:

 

  1. Aktifkan terlebih dahulu “debugging” yang ada dalam developer options pada perangkat xiaomi yang Anda gunakan. Caranya adalah pilih menu pengaturan atau setting, klik about phone, lalu tekan MIUI version dengan cepat 7 kali. Setelah itu kembali ke menu pengaturan/ setting, klik additional setting atau pengaturan tambahan, pilih developer options, lalu aktifkan USB debungging.

 

  1. Setelah selesai mengaktifkan USB debugging, langkah berikutnya adalah matikan xiaomi Anda lalu masuklah ke mode fastboot. Caranya adalah tekan tombol Volume down + tombol power secara bersamaan dan tunggu beberapa saat hingga muncul MiBunny dan tulisan fastboot mode. Jika sudah muncul tulisan tersebut, hubungkanlah xiaomi Anda ke pc atau laptop dengan menggunakan kabel USB yang sesuai. Setelah itu jalankan aplikasi Minimal ADB and fastbootnya.

 

  1. Dalam fitur minimal ADB and fastboot, ketika perintah “ fastboot oem device-info” tanpa tanda kutip. Tekan enter lalu tunggu hingga muncul tampilan yang berisi beberapa tulisan. Jika ada tulisan “device unlocked : true” maka Xiaomi Anda sudah pernah di unlock. Jika tulisannya false, artinya Xiaomi yang Anda gunakan belum pernah di unlock.

 

  1. Untuk mengunci kembali bootloader ketikan perintah “fastboot oem lock” dan tekan enter. Setelah itu untuk mengecek Xiaomi Anda sudah berhasil di re-lock atau belum ketikan kembali perintah “fastboot oem device-info” kemudian tekan enter dan tunggu hingga muncul tampilan yang berisi tulisan.

  1. Lihatlah pada tulisan “Device Unlocker” dan lihat keterangannya. Jika disitu tertulis “true” maka ponsel Xiaomi Anda sudah berhasil dir re-lock. Langkah terakhir, restart atau reboot xiaomi Anda dan selesai. Cukup mudah bukan?

 

Selain melakukan cara re-lock bootloader Xiaomi dengan ADB and fastboot, Anda juga bisa melakukan re-lock bootloader dengan menggunakan “ADB driver”. Caranya hampir sama yaitu dengan mengetikan perintah yang sama persis dengan cara yang sudah dijelaskan tadi. Penting untuk diketahui, jangan melakukan re-lock bootloder saat TWRP atau Custom ROM sedang terinstal. Karena jika secara bersamaan TWRP atau Custom ROM tersebut terinstal maka proses re-lock bootloader akan gagal bahkan bisa mengakibatkan ponsel menjadi mati total atau bootloop.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Ini Dia Cara Re-Lock Bootloader Xiaomi dengan ADB yang Mudah | Fiscias Play | 4.5