Cara Mengaktifkan Safe Browsing Google, Fitur Keamanan dari Google

Kemanan di internet merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, program berbahaya seperti malware, ransomware, virus, worm dan script jahat lainnya biasanya sengaja dibuat oleh hacker untuk merusak perangkat pengguna atau mencuri data sensitif dari pengguna. Salah satu cara menanggulangi bahaya-bahaya tersebut adalah dengan mengaktifkan fitur Safe Browsing milik Google.

Sebenarnya apa itu Safe Browsing Google, dan seberapa penting fitur tersebut terhadap kita?, dan bagaimana cara menggunakannya?. Baiklah, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita bahas satu persatu secara detil dan jelas, agar teman-teman tahu bagaimana manfaat menggunakan fitur Safe Browsing Google, dan apa saja resiko yang mungkin kita hadapi ketika berselancar di dunia maya.

Apa Itu Safe Browsing Google

Jika kita telisik lebih dalam, biasanya kita mengakses suatu website melalui browser yang ada pada PC, Laptop atau Smartphone kita. Nah, salah satu sumber utama masuknya serangan adalah melalui browser tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, karena Google sendiri sudah memiliki teknologi yang memungkinan mereka melindungi penggunanya dari berbagai kemungkinan serangan yang berasal dari browser.

Nah, Safe Browsing itulah yang diciptakan oleh Google melalui browser Google Chrome yang dapat kita manfaatkan. Segala jenis tindakan percobaan merusak, mencuri atau menyusup secara ilegal ke perangkat HP kita, maka Google membantu mencegah hal tersebut terjadi.

Dikatakan bahwa setiap hari Google menerima laporan sekitar kurang lebih 1000 laporan halaman website baru yang dimana halaman tersebut terindikasi tidak aman. Web tersebut ada yang berisi kode program jahat yang dapat membahayakan Device pengguna mulai dari PC hingga Smartphone dengan mencoba merusak / mencuri data Gadget. Namun, Google tidak serta-merta langsung memblokir selamanya halaman tersebut.

Baca Juga : Cara Download Lagu di Youtube

Webmaster / Pemilik web yang terindikasi program jahat tersebut diberitahu melalui email bahwa ada halaman situs mereka yang saat ini bermasalah, Google biasanya masih memberikan Index kepada halaman tersebut, namun ketika web tersebut muncul dalam hasil pencarian, maka google menandai Web tersebut dengan peringatan tertentu. Gambar yang ditampilkan seperti gambar dibawah ini.

Bagi kalian yang menginginkan keamanan yang terbaik, maka sebaiknya gunakan browser Google Chrome, karena dengan Google Chrome, maka anda dapat menjalankan fitur ini.

Google Safe Browsing Untuk Malware dan Phising

Google safe browsing pada saat ini fokus kepada 2 ancaman yang paling sering terjadi, yaitu Malware Web Page dan Phising Web Page. Malware Web Page adalah dimana halaman Website terindikasi memiliki kode jahat untuk merusak, menyusup, atau mencuri sesuatu pada device korban. Sedangkan untuk phising, maksudnya adalah halaman login palsu yang dibuat seperti menyerupai halaman login pengguna website sasaran, sehingga ketika ia login maka sebenarnya ia sedang mengirimkan username dan passwordnya tanpa ia sadari.

Contohnya adalah seperti pada gambar dibawah ini, jika kita perhatikan secara seksama, maka halaman yang saya tampilkan adalah halaman login facebook, namun jika dilihat dari URL nya, maka sebenarnya halaman Login tersebut bukanlah milik facebook, melainkan milik website yang tertera di URL browser.

Halaman asli yang seharusnya adalah facebook.com, dan pada halaman login palsu tersebut dibuat agak mirip tulisannya yaitu fuizesbooks.com. Hati-hati terhadap pencurian login dengan cara tersebut, karena cara tersebut dianggap mudah untuk mengelabui orang awam.

Biasanya sang hacker akan mengirimkan Suatu Gambar atau Video yang membuat orang lain menjadi tertarik untuk mengklik banner, ketika dikunjungi maka tiba-tiba kita disuruh login kembali ke akun FB kita (tiba-tiba ke logout sendiri). Hal ini bisa terjadi karena memang dari halaman facebook palsu tersebut kita sebelumnya akan dihadapkan pada suatu konten yang bikin kita penasaran, sehingga akhirnya kita mengklik banner itu dan memasukan username dan password yang akhirnya terkirim ke sang hacker tersebut.

Alhasil data-data tersebut akan terkirim ke email si hacker dan membuat si hacker dapat dengan mudah masuk ke website anda.

Cara Menggunakan fitur Safe Browsing di Google Chrome

Setelah kita mengetahui apa itu Safe Browsing dan ingin menggunakannya, caranya sangat mudah kok, berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan Ftiru Safe Browsing di Google Chrome.

  1. Bukalah menu Setting pada browser Google Chrome anda, caranya adalah, jalankan terlebih dahulu browser Google Chrome anda, kemudian setelah tampil, dibagian kanan atas ada 3 buah titik, nah klik lah 3 titik tersebut.
  2. Ketikan Privacy di kotak pencariannya, dan anda akan menemukan fitur pengaktifan Safe Browsing, dalam bahasa Indonesia akan tertulis  Lindungi Perangkat dan Diri Anda Dari Situs Berbahaya. Sedangkan untuk bahasa Inggris tertulis Protect you and your device from dangerous sites, kemudian aktifkanlah fitur tersebut dengan menyalakan tombolnya yang ada di sebelah kanan, contohnya adalah seperti berikut.
  3. Dan untuk menon-aktifkannya adalah seperti langkah 1 hingga 2, namun yang membedakan adalah merubah status fitur tersebut menjadi warna Abu-Abu.

Dimana Saja Google Menyediakan Fitur Safe Browsing

Google telah menetapkan beberapa produknya harus menyediakan fitur Safe Browsing apabila memungkinkan, dan fitur safe browsing ini ternyata sudah tersemat dalam produk-produk google dibawah ini :

  1. Yang pertama adalah tentu dari awal sudah di katakan tutorial ini untuk melakukan setting Safe Browsing di Google Chrome, pastinya browser Google inilah yang sudah terdapat fitur Safe Browsingnya.
  2. Perangkat Android. Jika anda ingin mendownload aplikasi-aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya, biasanya Google juga sudah memindai apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak, jika ternyata berbahaya, maka Google akan mulai menyalakan Alarmnya!
  3. Mesin pencari Google. Mesin pencari Google sudah pasti memberikan fitur Safe Browsing ini, jika anda mengetahui ada suatu situs yang berbahaya karena mengandung Script jahat, maka anda bisa melaporkan situs tersebut, bahkan anda tidak lapor pun Crawler Google tetap bisa saja mendeteksi sendiri Halaman website yang bermasalah. Terhadap webmaster, Google pun berbaik hati, karena Google tidak akan langsung menghapus halaman website tersebut dari search engine / deindex, tapi pertama-tama mengingatkan si empunya / webmasternya bahwa ada script berbahya di websitenya, entah siapa yang memasukan apakah ownernya atau hacker yang berhasil menyusup.
  4. Jaringan periklanan Google (Adsense dan Google Ads dulu Adwords). Pastinya Google juga tidak ingin kecolongan dengan membiarkan program yang mereka kembangkan sendiri ternyata dimanfaatkan oleh pihak jahat. Maka biasanya sebelum iklan Running Google akan mengecek Landing Page tersebut bermasalah atau tidak.
  5. Google Mail / Gmail. Email juga merupakan sasaran empuk untuk para hacker mengirimkan secara acak kode / Script jahat mereka. Karena hal inilah Google juga telah memasangnya di Email Gmail mereka. Jika ada indikasi berbahaya, maka Google akan memperingatkan penggunanya terlebih dahulu.

Akhir Kata

Itulah tadi sekilas mengenai google safe Browsing. Anda yang apabila menginginkan kemanan yang handal dan gratis maka sebaiknya aktifkan fitur ini. Secara tidak langsung memang Google menjejali kita agar kita menggunakan produk-produk buatan Google. Ya karena memang mau dibilang bagaimanapun juga memang produk-produk Google terbilang aman. Bahkan kadang kita sendiri agak ribet mau login gmail di perangkat baru. karena Google yang curigaan selalu minta verifikasi bahwa itu memang kita yang sebenarnya

Cara Mengaktifkan Safe Browsing Google, Fitur Keamanan dari Google | Fiscias Play | 4.5