Inilah Alasan Kenapa Xiaomi Banyak Masalah, Tidak Bisa 4G dan Murah

Beberapa tahun belakangan popularitas Xiaomi semakin menjadi-jadi. Tak mengherankan memang karena produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan spesifikasi mumpuni. Apalagi harga yang dipatok cukup terjangkau. Namun, kelebihan tersebut juga tak luput dari permasalahan yang sering muncul. Beberapa penggunanya mengeluh terkait performa dari produk asal Cina tersebut. Sebenarnya ada beragam alasan kenapa Xiaomi banyak masalah, tidak bisa 4G dan murah. Misalnya disebabkan distributornya yang tidak resmi dan kamera eror.

Beberapa Masalah dan Alasan Kenapa Xiaomi Memiliki Banyak Masalah

Kemunculan suatu produk terkadang memang tak lepas dari kesalahan. Hal tersebut juga terjadi pada Xiaomi. Beberapa tipe produknya sempat membuat penggunanya kecewa. Kinerja ponsel buatannya dianggap menurun dan sering mengalami eror-eror yang tidak jelas alasannya. Dengan begitu, Anda sebagai konsumennya tentu akan sangat kecewa. Di bawah ini ialah alasan kenapa Xiaomi banyak masalah, misalnya tidak bisa 4G dan memiliki harga bandrol yang murah:

  1. Membeli Produk Distribusi Ilegal

Inilah alasan utama dan paling umum produk kenapa Xiaomi Anda memiliki banyak masalah. Penyebabnya ialah smartphone Xiaomi yang beredar di Indonesia banyak ditemui produk hasil distribusi tidak resmi atau ilegal. Dengan begitu ponsel tersebut telah mengalami modifikasi lanjutan dari pihak tidak bertanggung jawab tersebut yang justru malah melemahkan sistem kinerjanya.

Modifikasi lanjutan tersebut yang menyebabkan munculnya banyaknya iklan, sering keluar sendiri, bug, boros baterai, lag, dan masalah-masalah lainnya. Maka dari itu, bila Anda ingin membeli telepon genggam Xiaomi pastikan teliti dengan baik terlebih dahulu sebelum membelinya. Tanyakan juga secara detail sebab antara produk asli dan ilegal. Bagaimanapun terkadang sulit akan sedikit sulit membedakan mana produk yang asli dan mana yang ilegal.

  1. Jaringan Sering Error

Kualitas sinyal yang didapat tentu merupakan indikator yang sangat penting bagi para pengguna smartphone. Sebab akan percuma bila telepon genggam Anda memiliki spesifikasi canggih namun tidak dapat menangkap kualitas sinyal dengan baik. Nah, pada Xiaomi permasalahan jaringan bukanlah hal baru terutama mengenai kenapa Xiaomi banyak masalah, tidak bisa 4G dan murah.

Bagi Anda yang masih awam tentu akan merasa aneh dengan hal tersebut. Apalagi spesifikasi di ponsel tersebut dengan jelas mampu menangkap sinyal 4G. Lalu permasalahannya apa? Usut punya usut setelah ditelusuri lebih jauh ternyata pihak Xiaomi pernah belum mendapat izin dari Pemerintah Indonesia, salah satunya mengenai penggunaan sinyal 4G. Hal tersebut menyebabkan beberapa tipenya sempat tidak dapat menikmati layanan dengan kecepatan terbaik tersebut. Kini kabarnya perizinan tersebut telah selesai sehingga Anda dapat menggunakan 4G bagi tipe yang mendukungnya.

  1. Sering Muncul Pemberitahuan Kartu SIM Tidak Aktif

Bagi Anda pengguna Xiaomi pasti tidak asing lagi mengenai permasalahan ini. Biasanya secara tiba-tiba akan muncul suatu pemberitahuan peringatan bahwa kartu SIM yang Anda pakai tidak aktif. Padahal sim card Anda tetap lancar dan dalam kondisi aktif. Hal tersebut jelas mengherankan sekaligus sangat mengganggu karena kemunculannya begitu sering.

Permasalahan tersebut sebenarnya timbul akibat dari Mi akun yang belum terdaftar dengan nomor telepon genggam Anda. Nah maka dari itu, pastikan melakukan verifikasi nomor Anda ke dalam Mi akun agar notifikasi tentang pemberitahuan SIM Card tidak lagi muncul. Dengan begitu aktivitas menggunakan ponsel akan jauh lebih nyaman.

  1. Baterai Cepat Terkuras atau Boros

Keluhan lain yang sering membuat pengguna Mi heran yakni mengenai baterai gampang habis. Penggunaan baterai dirasa sangat cepat terkuras apalagi jika sedang mengaktifkan wifi. Padahal berbagai produknya memiliki kapasitas daya tahan baterai yang cukup besar.

Daya tahan baterai boros tersebut dikarenakan ponsel Anda akan sering memback up data yang ada di Akun Mi. Terutama saat Anda sedang mengaktifkan wifi. Oleh karena itu, lebih baik sign out terlebih dahulu akun mi Anda jika ingin mengaktifkan wifi agar konsumsi baterai tidak lagi boros.

  1. Adanya Bug dan Iklan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa beberapa ponsel Xiaomi terutama produk yang ilegal telah mengalami modifikasi oleh distributor yang bersangkutan. Sehingga iklan dan bug akan mudah muncul dan tentunya akan mengganggu serta memperlambat kinerja ponsel.

Ternyata penyebab kenapa Xiaomi banyak masalah, tidak bisa 4G dan murah serta munculnya bug dan iklan tersebut biasanya dibawa di aplikasi bawaan. Sehingga Anda dapat menghapus aplikasi tersebut untuk meringankan kinerja ponsel. Untuk menghapusnya dibutuhkan pihak ketiga berupa aplikasi yang sudah banyak ditemui saat ini.

  1. Kamera Sering Eror

Satu lagi masalah yang tidak bisa dianggap sepele para pengguna Xiaomi, beberapa kameranya mudah mengalami eror seperti kualitas gambar blur serta gagal memasuki aplikasi kamera. Permasalahan demikian tentu membuat Anda tidak nyaman apalagi saat ingin mengabadikan momen indah lewat foto

Kedua masalah tersebut umumnya terjadi bila Anda membeli smartphone Xiaomi yang ilegal. Oleh karena itu, kualitas kameranya jauh dari versi aslinya. Maka tak mengherankan bahwa hasil jepretannya tak sesuai dengan kualitas yang ditawarkan di dalam spesifikasinya.

Alasan Kenapa Xiaomi Memiliki Banyak Masalah

Lalu Kenapa Xiaomi banyak masalah, tidak bisa 4G dan murah?. Inilah dia alasan harga telepon genggam produk Cina ini dibanderol murah:

  1. Memproduksi Banyak Produk Secara Berkala

Seperti yang sudah terlihat saat ini bahwa dalam peluncurannya, Xiaomi selalu mengeluarkan suatu produk telepon genggam secara berkala. Jangka waktu antara satu tipe dengan tipe yang lain cukup singkat. Maka dari itu, kini smartphone tersebut memiliki banyak sekali tipe dengan spesifikasi yang berbeda dari setiap jenisnya.

Apakah itu merugikan? tentu tidak. Vendor Xiaomi mempunyai pandangan dan teknik penjualan yang berbeda dibanding merk yang lainnya. Menjual dengan keuntungan sedikit namun terjual banyak merupakan strategi pemasaran yang diterapkan.

  1. Tidak Senang Beriklan

Gaya pemasaran Xiaomi juga berbeda dari jenis produk lainnya. Di saat produk lain berbondong-bondong membuat iklan menarik di televisi serta memakai sejumlah model ataupun artis terkenal. Mi justru tidak melakukan hal tersebut. Mengiklankan produk secara berlebihan apalagi dengan model top dianggap terlalu menghambur-hamburkan uang.

Jelas bahwa tayang iklan seperti di Televisi bukanlah tidak mengeluarkan biaya yang murah. Pihak Xiaomi hanya mempromosikannya di media sosial itu pun sangat terbatas. Jadi dapat dikatakan strateginya ialah dari mulut ke mulut para pembelinya. Hal tersebutlah yang membuat ponsel Xiaomi dijual dengan harga terjangkau namun kualitasnya mumpuni.

  1. Bekerja Sama dengan Banyak Perusahaan Besar

Ketenaran Smartphone jenis ini sudah menarik perhatian banyak perusahaan besar. Terbukti kini telah banyak perusahaan yang bermitra dengan vendor asal Cina tersebut. Beberapa ponselnya bahkan mengalami harga murah karena mendapat potongan atau subsidi biaya dari perusahaan lain. Misalnya Redmi 5A yang merupakan hasil kerja sama dengan Indosat. Dengan begitu harga yang ditawarkan akan jauh lebih terjangkau.

Itulah beberapa alasan kenapa Xiaomi banyak masalah, tidak bisa 4G dan murah. Harganya yang murah serta kualitasnya mumpuni membuat smartphone jenis ini sangat disukai masyarakat. Tetapi beragam permasalahan pun mengemuka dan sebenarnya kebanyakan disebabkan beredarnya tipe Xiaomi yang sudah di modifikasi oleh para distributor ilegal. Maka tak mengherankan kinerjanya akan di bawah standar dan cenderung mengalami banyak masalah saat pemakaian. Intinya berhati-hatilah saat membeli ponsel jenis ini. Lebih teliti dan pahami dengan betul mana yang asli dan mana yang produk distributor. Dengan membeli produk asli maka performanya akan jauh lebih baik dan awet.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Inilah Alasan Kenapa Xiaomi Banyak Masalah, Tidak Bisa 4G dan Murah | Fiscias Play | 4.5